Veteran Ajak Rumah Yatim Bantu Tangani Kemiskinan Lewat Zakat

Pasca menerima bantuan dari Rumah Yatim di momen Hari Pahlawan Nasional, Sabtu (10/11), veteran asal Bandung Tata Atiek mengajak Rumah Yatim untuk bantu menangani permasalahan sosial. Terutama masalah kemiskinan, dengan cara melalui pengelolaan zakat. Ia menilai, melalui zakat ini dapat membawa perubahan di berbagai sektor salah satunya mengurangi kemiskinan.

Bertempat di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Babakan Ciamis, Kota Bandung, ia menekankan jangan selalu mengandalkan dari pemerintah. Namun kesadaran zakat adalah hal yang penting untuk kemaslahatan umat, khususnya masih banyak masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan.

“Ini adalah negara kita, jangan cuma berbicara, dengan zakat maka tidak ada lagi orang miskin,” ungkapnya.

Tata merupakan satu dari 120 veteran yang menerima bantuan. Ia bersyukur menerima bantuan tersebut secara tepat sasaran. Atas kepedulian Rumah Yatim itu, kata dia, dapat membawa kegembiraan bagi ratusan veteran. Ia juga mengajak kepada generasi muda akan besarnya manfaat zakat untuk masyarakat.

“Negara kita sudah merdeka tapi kenapa yang miskin semakin banyak, maka ayo kita berzakat, yang penting masyarakat harus bersatu melawan kemiskinan,” tuturnya.

Menurutnya, zakat di Indonesia masih kurang, karena banyaknya masyarakat yang belum merasakan kesejahteraan. Bila kesejahteraan sudah ada, maka fakir miskin dan anak jalanan akan berkurang. Meski perjuangannya mengusir penjajah telah usai, namun ia masih memperhatikan nasib negara ini dengan khidmat.

Ia berharap, hadirnya Rumah Yatim ini bisa membawa perubahan bagi tatanan ekonomi melalui zakat, serta dapat membantu menangani permasalahan sosial khususnya kemiskinan di Indonesia.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat