Wardanah dan Kakaknya Berjuang Hidup Lewat Berjualan Kue

Wardanah dan Kakaknya Berjuang Hidup Lewat Berjualan Kue

Sepanjang Juli 2020 sebanyak 13.281 mustahik yang tersebar di 20 provinsi di Indonesia telah menerima bantuan dari Rumah Yatim. Bantuan tersebut tersalurkan melalui sejumlah program baik kemanusiaan, pendidikan, maupun kesehatan. Salah satunya yang diterima oleh  Wardanah Seorang wanita paruh baya berusia 44 tahun.

Sejak kecil Wardanah sudah terkena sakit step, yang mengakibatkan dirinya tidak lancar berbicara dan berjalan. Saat ini, untuk mobilitas sehari-hari ia dibantu oleh kakak kandungnya yang bekerja sebagai penjual kue keliling demi menakahi keluarganya.

Mereka tinggal disebuah rumah yang sangat sederhana, tepatnya di Jalan Trans Kalimantan KM.18, Desa Marabahan Baru, RT 07, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Sang kakak sendiri yang bernama Inah merupakan tulang punggung keluarga yang juga harus menghidupi Wardanah.

Terutama sejak suami Inah berpulang kepangkuan Sang Maha Pencipta. Ia harus bekerja lebih keras karena harus memberikan kebutuhan harian untuk anak anak dan adiknya, Wardanah.

Menurut penuturan Relawan Rumah Yatim, Lingga, wardanah beserta kakaknya hidup dalam himpitan ekonomi. Penghasilan yang diperoleh pun tidak seberapa. Sebelum adanya pandemi Covid-19 hasil dari berjualan kue bisa mencapai 50 ribu perhari dan ketika ada Covid hanya sekitar 20 ribu yang diperoleh. Meski demikian, lewat berjualan kue itulah mereka bisa bertahan hidup walapun hanya makan seadanya.

“Mereka hidup dalam kondisi himpitan ekonomi di tengah wabah seperti ini. Penghasilan bu Inah pun menurun drastis. Alhasil yah mereka hidup seadanya,” ungkapnya

Raut wajah Wardanah berubah saat mendapat bantuan peduli sesama yang disalurkan Rumah Yatim Cabang Kalsel, pada Selasa (30/6) kemarin. Ia terlihat begitu senang saat menerima bantuan tersebut. Menurut Wardanah, dirinya sangat bersyukur karena bantuan ini dapat meringankan beban sang kakak yang sehari-hari nya berjuang lewat bejualan kue

“Alhamdulillah terima kasih banyak atas bantuan ini, tak banyak yang bisa saya lakukan karena kondisi nya tidak lancar berjalan. Semoga bisa meringankan beban kakak saya,” ucapnya.

 

 

 

Penulis: Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend