Warga Gaza Sambut Bahagia Bantuan Sumber Air Rumah Yatim

Warga Gaza Sambut Bahagia Bantuan Sumber Air Rumah Yatim

Air adalah sumber kehidupan dan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sangat penting dalam kehidupan. Namun, air sangat sulit didapatkan oleh saudara di Palestina. Lebih dari 90% dari ketersediaan air bersih di Jalur Gaza tidak layak di konsumsi atau di minum karena sudah terkontaminasi zat beracun yang dikenal dengan zat nitrat. Melihat keadaan ini, Rumah Yatim kemudian mengajak semua pihak untuk membantu warga Gaza berupa pengeboran sumber air bagi warga masyarakat Palestina.

Awal Maret 2018, Rumah Yatim bekerjasama dengan Yayasan Nusantara Palestina Center mulai melakukan proyek pengeboran sumber air di daerah sekitar Masjid Hamed Abu Sitta, Kota Khanyounis Selatan Jalur Gaza. Kota Khanyounis adalah kota kedua terbesar di Jalur Gaza setelah Kota Gaza, merupakan salah satu wilayah yang mengalami pencemaran air lebih banyak dari pada kota lainnya. Diharapkan dengan adanya sumber air yang baru dan tentunya terjamin lebih sehat dan bersih dapat membantu masyarakat di Jalur Gaza dalam peningkatan aspek kesehatan dan lingkungan yang lebih bersih lagi.

Dengan proses yang cukup panjang, titik sumber air yang digali saat ini telah dibor dengan diameter delapan inci dan kedalamannya mencapai 80 meter. Sekitar 5000 jiwa akan memperoleh manfaat dari air yang diekstraksi dari sumur tersebut. Saat melakukan pengeboran, akhirnya air pertama memancar keluar dari lubang air yang masih dalam tahap pengeboran tersebut. Para pekerja dan juga warga yang berada di sekitar kemudian merasa bahagia dan senang dengan adanya air yang terpancar ini. Total biaya pada tahap pengeboran ini mencapai $5.500 atau setara dengan Rp. 71.500.000 untuk satu sumber air. Tetapi masih ada sekitar 395.000 jiwa yang menunggu bantuan serupa. Mari bersama dukung dan wujudkan terciptanya sumber air yang baru lainnya di seluruh Gaza. Untuk Gaza, untuk kemanusiaan dan untuk anak-anak yatim Gaza yang tangguh.

 

Di tulis oleh : Yusica Pada tanggal 2018-05-01 08:59:45

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Powered by

Send this to a friend