Berita
Pencarian Bulan Tahun
Share on Google+ twitter facebook
Hikmah dan Keutamaan Menjaga Wudhu’
Di tulis oleh : Hanifah Abdillah Pada tanggal 2017-10-20 14:56:24

Wudhu’ merupakan suatu amalan yang kerap kali kita lakukan. Tata caranya cukup ringkas dan praktis. 

“Sesungguhnya Allah tidak akan menganiaya (siapa pun) walau menzhalimi sekecil dzarrah (sekecil apapun), dan jika ada kebajikan walau sebesar dzarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan pahala yang besar.” (An Nisaa’: 40)

Wudhu sendiri yaitu aktivitas membersihkan diri dari segala jenis hadas kecil yang menempel di tubuh. Wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat seorang muslim. 

Dalam al qur’an, Allah berfirman: ''Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu, kedua tanganmu sampai siku, dan sapulah kepalamu serta basuhlah kedua kakimu sampai mata kaki." (QS Al-Maidah 6).

Menjaga wudhu sendiri merupakan salah satu hal yang sangat disarankan oleh Rasulullah. Namun, sebenarnya apa sih manfaat dan keutamaan wudhu ini?

Yuk baca!

1. Wudhu sebagai Penjaga Kesehatan

Secara kesehatan, percikan air dari wudhu mampu merilekskan otot-otot yang tegang dan juga mampu membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di tubuh, terutama wajah. Bukan hal yang sering kita lihat di iklan-iklan bahwa kotoran yang menempel pada wajah mampu menimbulkan masalah kulit dan kesehatan, seperti jerawat dan komedo. 

Ternyata, berwudhu bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan kita loohh karena selalu rutin membersihkan diri.

2. Wudhu sebagai Pengampun Dosa dan Pemberi Syafaat

Wudhu ternyata lebih dari sekedar hikmah untuk membersihkan diri dari segala kotoran dan hadas kecil yang menempel. lebih dari itu, wuduh ternyata memapu menjadi pengampun dosa yang telah kita lakukan dan juga pemberi syafaat untuk kita nanti.

Rasulullah Saw bersabda, ''Jika seorang hamba menjaga shalatnya, menyempurnakan wudhunya, rukuknya, sujudnya, dan bacaannya, maka shalat akan berkata kepadanya, 'Semoga Allah Swt menjagamu sebagaimana kamu menjagaku', dia naik dengannya ke langit dan memiliki cahaya hingga sampai kepada Allah Swt dan shalat memberi syafaat kepadanya.'' (Riwayat Thabrani dair Ubadah bin Shamit)

Dari hadits dan riwayat di atas, kita bisa tahu bahwa ternyata wudhu yang kita lakukan ternyata akan mampu menolong kita di hari akhir kelak dengan membawa syafaat.

3. Banyak manfaat menjaga wudhu’ ini dia

“Apabila seorang hamba berwudhu saat berkumur kumur, maka akan keluar dosa dosa (kecil) dari mulutnya. Apabila menghirup dan menghembuskan angin dari hidungnya, keluarlah dosa dosa (kecil) dari hidungnya. Apabila membasuh wajah, keluarlah dosa dosa (kecil) dari wajahnya hingga keluar dari kelopak matanya. Apabila membasuh kedua tangan, keluarlah dosa dosa (kecil) dari kedua tangannya hingga dari kukunya. Apabila mengusap kepalanya, maka keluarlah dosa dosa (kecil) dari kepalanya hingga keluar dari kedua telinganya. Dan apabila membasuh kedua kaki, keluarlah dosa dosa (kecil) dari kakinya hingga dari kukunya…” (HR. Malik, An-Nasai, Ibnu Majah, dan Hakim).

SubhanAllah ternyata hal sederhana yg selalu kita lakukan sangat besar hikmahnya. Apalagi mereka yg selalu menjaga wudhu, Allahu Akbar energi positif memancar, wajahpun bersih fresh berwibawa, dan itu karekteristik hamba yg beriman hobbinya bersuci, kecintaan para malaikat kepadanya dan siap menghadapi kematian jika datang tiba tiba. Inilah diantara alasan mengapa selalu abang ingatkan untuk selalu menjaga wudhu 

“Semoga Allah jadikan kita hamba Allah yg selalu senang menjaga kesucian diri dengan selalu berwudhu hingga akhir hayat kita…aamiin”.




--------------------------------------
dibaca 357 kali



 Komentar

(tidak ada komentar)


 Tulis Komentar

Nama
Email (dirahasiakan)
Komentar


Berita Terbaru

Mustahik Sebut Layanan Kesehatan RY Sangat Membantu
Sabtu, 16/12/2017

Anak Asuh Cinere Sulap Kaleng Bekas Jadi Parut
Sabtu, 16/12/2017

Sains Project Latih Siswa untuk Jadi Ilmuwan
Sabtu, 16/12/2017

Dinsos Kota Bandung dan RY Jabar Bagikan Ratusan Paket Sembako
Sabtu, 16/12/2017

Santunan Rutin untuk 64 Anak Yatim Wilayah Sleman
Sabtu, 16/12/2017

Anak Asuh Rumah Yatim Jadi Mahasiswa UGM
Jum'at, 15/12/2017

Bimbel Matematika di Asrama Rumah Yatim Lampung
Jum'at, 15/12/2017

Asrama Rumah Yatim Antapani Hadiri Undangan Donatur
Jum'at, 15/12/2017

Glaukoma Renggut Penglihatan Roro
Jum'at, 15/12/2017

SD ElFitra Gelar Pentas Literasi
Jum'at, 15/12/2017

Praktikum Biologi Jadi Favorit Siswa di SMA El-Fitra
Jum'at, 15/12/2017

SMP IT BIU Gelar Parenting untuk Guru dan Orang Tua Siswa
Jum'at, 15/12/2017

Market Day, Ajang Belajar Entrepreneurship Bagi Siswa
Jum'at, 15/12/2017

Polres Metro Bekasi Undang RY Bekasi
Jum'at, 15/12/2017

Anak Asuh RY Lampung Senang Berhasil Produksi Mukena Sendiri
Kamis, 14/12/2017

Baju Baru Dari Sang Donatur
Kamis, 14/12/2017

Keenam Kalinya, SMP IT BIU Sukses Gelar Imtihan Tahfidz
Kamis, 14/12/2017



 
Rumah Yatim
Find Us
Kemitraan
Hubungi Kami di