23 Tahun Berdiri Tanpa Perbaikan, Jajang Ajak Masyarakat Bantu TPQ Al Kautsar

TPQ Al Kautsar merupakan tempat pengajian Quran di wilayah Karangmulya, Surodadi, Tegal, yang didirikan untuk anak-anak yatim dan dhuafa.

Ada sebanyak 125 peserta didik yatim dan dhuafa belajar mengaji di TPQ ini. Berkat keberadaan TPQ ini, banyak anak-anak dari keluarga dhuafa di Karangmulya bisa mendapat pendidikan Islam secara gratis.

Dikatakan Jajang Khoeruman selaku Kepala Cabang Rumah Yatim Tegal, TPQ ini didirikan Winaryo sejak 23 tahun lalu, dari mulai ukuran sampai fasilitas TPQ masih sama.

Ukuran TPQ ini hanya 4 x 3 meter, papan tulisnya masih menggunakan papan tulis kapur, Alquran sudah rusak dan kusam termakan usia, dinding yang rusak di berbagai sudut, alas duduk kusam dan tipis. Kondisi ini tidak dapat mendukung aktivitas belajar anak didik.

“Pak Winaryo selaku pemilik TPQ sekaligus guru ngaji disana mengatakan kepada saya kalau ia belum mempunyai dana cukup untuk memperbaiki semua ini. Penghasilannya yang sebagai buruh serabutan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya,” papar Jajang, Rabu (1/8).

Ia pun mengungkapkan, jika untuk perbaikan TPQ, Winaryo tidak dapat mengandalkan iuran sukarela dari anak didiknya karena jarang sekali orangtua anak didiknya menitipkan uang iuran bulanan pada anaknya. Jika pun ada orangtua yang membayar, Winaryo langsung membelikannya semen untuk menambal tembok TPQ yang rusak.

TPQ ini selalu penuh setiap sore dan malam. Mulai dari usia prasekolah sampai SMA, belajar agama di TPQ ini. Mereka belajar Alquran, tajwid, akidah dan fiqih. Jika sedang belajar membaca Alquran, mereka bergantian menggunakan Alquran yang disediakan TPQ.

“Kondisi TPQ Al Kautsar sangat memprihatikan, hal ini berbanding terbalik dengan semangat anak didik yang tinggi. Selama 23 tahun, TPQ ini belum mendapat bantuan dari pihak manapun,” kata Jajang.

Menindaklanjuti hal tersebut, Jajang mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Tegal untuk membantu memperbaiki kondisi TPQ tersebut, agar semangat anak didik didukung dengan fasilitas terbaik.

“Mari kita dukung semangat belajar mereka dengan membangunkan tempat mengaji yang layak dengan fasilitas terbaik,” tutupnya.

 

Di tulis oleh : Sinta Guslia Pada tanggal 2018-08-01 11:17:52

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend