Alami Krisis Pangan, Rumah Yatim Buat Dapur Umum Bantu Korban Gempa

Sejak gempa terjadi pada Minggu (5/8) lalu di Nusa Tenggara Barat, ratusan ribu masyarakat di evakuasi ke posko pengungsian. Saat itu, ribuan masyarakat mengalami berbagai kekurangan, salah satunya kekurangan bahan makanan. Oleh karena itu, Rumah Yatim membuat dapur umum tanggap darurat bencana untuk membantu ratusan korban gempa yang mengalami kelaparan di Desa Telaga Wareng, Dusun Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara, Rabu (8/8).

Relawan Rumah Yatim, Setiawan mengungkapkan, program bantuan dapur umum ini berupa bantuan makanan yang dimasak oleh relawan Rumah Yatim untuk bantu penuhi kebutuhan dasar para korban. Karena rumah para korban rusak sehingga mereka tidak memiliki harta benda satupun yang bisa diselamatkan

“Dapur umum Rumah Yatim mempersiapkan bahan pangan seperti nasi yang sudah dimasak, lalu dibungkus,. insya Allah akan disalurkan untuk korban yang ada di lokasi bencana,” terangnya, Rabu (8/8).

Kekurangan demi kekurangan terus dialami para korban di lokasi bencana. Banyak lokasi yang terdampak gempa, menyebabkan bantuan yang disalurkan belum merata. Dalam hal ini Rumah Yatim terus berupaya dalam membantu memenuhi kebutuhan para warga di posko pengungsian.

Menurut salah seorang relawan kemanusiaan Eviyanti, proses memasak bahan makanan untuk para korban dari pukul 13.30 waktu setempat. Adapun makanan yang dibagikan sebanyak 300 bungkus untuk para korban yang mengalami kelaparan.

Ia berharap, bantuan ini bermanfaat untuk para korban gempa dalam memenuhi kekurangan pangan yang dialami.

“Semoga ini semua bermanfaat dan membantu mereka,” pungkasnya.

 

Reporter: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend