Anak Asuh Rumah Yatim NTB Belajar Cara Melarutkan Nutrisi Hidroponik Bersama Azis

Anak asuh Rumah Yatim cabang Nusa Tenggara Barat kembali mengikuti pelatihan budidaya hidroponik bersama Fathul Azis, selalu staf pendidikan dan kesehatan asrama, kegiatan ini diadakan di greenhouse hidroponik yang berada di halaman depan asrama, Rabu (09/06)

Jika sebelumnya anak asuh diajarkan cara memotong rockwoll, membasahi rockwoll, sampai cara menabur satu persatu benih kedalam lubang di rockwoll. Kini mereka diajarkan Azis cara melarutkan Nutrisi AB mix, untuk membantu pertumbuhan dan berkembangan sayuran hidroponik. Larutan ini disebut juga larutan nutrisi.

Sebelum diajarkan untuk melarutkan nutrisi, terlebih dahulu anak asuh diperkenalkan dengan TDS (Total Disolved Solids) yakni alat untuk mengukur larutan nutrisi tanam hidroponik.

Setelah itu mereka diajarkan cara melarutkan nutrisi , Azis menerangkan jika pemberian larutan nutrisi untuk tanaman tidaklah sembarangan, ada takarannya, artinya perbandingan takaran antara nutrisi dengan jumlah air baku atau air biasa.

Ia pun menerangkan jika nutrisi itu merupakan pupuk untuk tanaman hidroponik, jadi sangat penting digunakan dan harus diperhatikan cara menggunakannya.

“Untuk nutrisinya kita beli, nah untuk melarutkannya saya ajarkan mereka. Sekarang mereka sudah bisa, tinggal di monitoring saja setiap harinya,” ungkap Azis.

Ia menambahkan jika saat ini tanaman hidroponik anak asuh sudah semai, tinggal dirawat secara telaten agar hasilnya maksimal.

Azis bersyukur, anak asuh selalu bersemangat mengikuti kegiatan ini. Ia berharap, ilmu yang didapat anak asuh bisa terus dikembangkan, dibagikan kepada saudara mereka, dan kelak menjadi bekal untuk mereka agar bisa membangun usaha sayuran hidroponik yang sukses.

 

Sinta Guslia

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend