Banjir Terjang Masamba, Rumah Keluarga Hasil Tertutup Lumpur Empat Meter

Banjir Bandang Terjang Masamba, Rumah Keluarga Hasil Tertutup Lumpur Empat Meter

 

Banjir bandang yang menerjang wilayah Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada Senin (13/7) malam menyebabkan ribuan rumah warga terendam banjir disertai dengan lumpur. Hingga Kamis kemarin, BPBD Kabupaten Luwu Utara mencatat sebanyak 23 orang ditemukan meninggal dunia.

Seperti yang dialami oleh keluarga Pak Hasil (43), dia merupakan salah satu korban terdampak banjir bandang yang tinggal di Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara. Sejak Senin malam hingga Kamis kemarin, air sisa banjir disertai dengan lumpur masih menggenangi rumah tuanya.

Saat ditemui oleh Relawan Rumah Yatim, dengan hanya mengenakan alat seadanya, ia berusaha menggali lumpur yang menimbun rumahnya, berharap rumah tua yang terbuat dari kayu itu masih bisa diselamatkan.

Diketahui, ia yang hanya seorang pekerja buruh gali batu yang saat ini sangat merasa kebingungan, karena hanya rumah itulah yang menjadi satu-satunya tempat berlindung. Tak ada uang, ataupun barang yang bisa diselamatkan.

“Rumahnya terbuat dari kayu dan rusak sudah tidak layak huni tertutup oleh lumpur setinggi kurang lebih 4 meter dan yang terlihat hanya atap saja, yang bisa diselamatkan barang yang ada di tubuhnya,” tutur Relawan Rumah Yatim, Windi Suwandi usai memberinya bantuan sembako, Kamis (16/7).

Sejak malam itulah sampai Kamis kemarin, ia dan keluarga tinggal di posko pengungsian. Tak pernah terbayangkan sebelumnya, kejadian di malam itu banjir disertai longsor yang terjadi sekitar pukul 20.15 WITA begitu cepat menghantam rumah warga. Namun beruntung, ia dan keluarga masih selamat.

Pak Hasil merupakan salah satu Keluarga yang rumahnya terkena dampak banjir bandang, masih ada ribuan keluarga terdampak banjir lainnya yang bernasib serupa. Untuk itu, Rumah Yatim akan melakukan penggalangan dana untuk membantu para korban banjir di wilayah Masamba,

 

Penulis : Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend