Banjir Rendam Muara Gembong Bekasi, Rumah Yatim Terjunkan Relawan untuk Beri Bantuan

Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang belakangan ini, menyebabkan meluapnya air di Sungai Citarum pada Senin (15/2), sehingga merendam ribuan permukiman warga yang berada di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Berdasarkan informasi dari Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Henry Lincoln mengatakan, banjir terjadi di beberapa desa di Kecamatan Muara Gembong. Wilayah ini merupakan hilir dari beberapa aliran sungai. Adapun ketinggian air di sana bervariasi mulai 50 sentimeter hingga satu meter.

“Beberapa titik di Kecamatan Muara Gembong yang masih terendam banjir seperti Kampung Biyombong di Desa Pantaibahagia, dan Desa Harapanjaya. Di sana ketinggian banjir mencapai 50 sampai 75 sentimeter akibat jebolnya tanggul Kali Citarum,” ungkapnya.

Melihat hal itu, Rumah Yatim Regional Jabodetabek menerjunkan beberapa relawan untuk memberikan bantuan, pada Rabu (17/2). Bantuan yang diberikan berupa kebutuhan logistik, alat kebersihan, obat-obatan, perlengkapan bayi, dan baju layak pakai.

Menurut salah satu Relawan Rumah Yatim, Rusmanto mengatakan, ada 24 RT yang terdampak dengan jumlah KK sebanyak 2114. “Info sementara belum ada warga yang mengungsi, merek masih bertahan di rumah masing-masing,” tuturnya.

Harapannya, kata dia, bantuan yang telah diberikan dapat bermanfaat dan meringankan beban para korban. Saat ini, tim Rumah Yatim masih terus memantau perkembangan ketinggian air di desa tersebut. “Mudah-mudahan air banjir segera surut, agar warga bisa beraktivitas normal kembali,” tandasnya.

Jurnalis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend