Bantuan Kemitraan Rumah Yatim Dukung Berkembangnya Yayasan Al Falah

Bantuan program kemitraan diberikan Rumah Yatim Cabang Surabaya untuk Yayasan TPQ Al Falah yang berada di Jalan Balong Sari, Desa Karangpoh, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya. Bantuan tersebut diberikan untuk mendukung aktivitas belajar mengajar dan operasional yayasan.

Kepala Cabang Rumah Yatim Surabaya, Agus Muhammad Yusuf, dipilihnya yayasan itu jadi mitra karena mengelola anak santri yang cukup banyak. Di antaranya juga merupakan anak yatim dan dhuafa. Selain itu, TPQ tersebut belum memiliki tempat sendiri untuk belajar mengajar.

“Karena lembaga yang sedang mau berkembang, jumlah anak didiknya banyak hingga 160 anak, tapi masih belajar satu tempat sama Mushala Al Falah,” paparnya.

Kondisi pembelajaran yang seadanya, sambung Agus, tanpa ruang kelas dan tanpa kantor guru. Bahkan, peralatan pembelajaran disimpan di etalase mushala serta di teras depannya. Kegiatan yang berjalan, kata dia, dari pagi hingga sore hari.

Agus menambahkan, pemberian bantuan kemitraan ini merupakan upaya untuk mendorong yayasan agar menjadi mandiri. Selain itu, bantuan kemitraan ini bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan standar pembelajaran yang ada. Di samping akan dipergunakan untuk operasionalnya.

Selain memberikan bantuan kemitraan, Rumah Yatim Cabang Surabaya juga akan terus melakukan monitoring dan evaluasi bagi yayasan. Harapannya, kata Agus, yayasan bisa berkembang dan menjadi lembaga pendidikan yang terus maju ke depannya.

“Semoga kita bisa bersinergi terus, karena secara tidak langsung mereka adalah lembaga untuk mendukung pendidikan anak, harus kita dukung dan bisa ikut dengan program-program lainnya,” ujarnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend