Belajar Bersama, Solusi Atasi Kesulitan Belajar Anak Asuh Bintaro di Masa Pandemi

Kesulitan belajar seringkali dihadapi oleh anak asuh Bintaro, Tangerang Selatan saat melakukan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), mereka yang biasanya paham jika diajarkan oleh guru secara langsung, kadang merasa sedikit kesulitan mencerna materi yang disampaikan guru melalui daring.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Dedi selalu kepala asrama mengadakan kegiatan belajar bersama yang dilakukan setiap malam selepas melaksanakan shalat isya berjamaah.

Setiap malamnya, anak-anak berkumpul di ruang tengah asrama untuk mereview kembali pelajaran yang telah diajarkan guru-gurunya di sekolah. Sekaligus membantu mengatasi kesulitan teman maupun adik asuhnya yang belum bisa memahami materi pelajaran di sekolah.

Dedi mengatakan, selain untuk mengatasi kesulitan anak dalam belajar, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan semangat belajar anak, melatih kebiasaan bertanya dan berdiskusi.

“Karena tujuannya ini supaya belajar saling kerjasama membantu teman lainnya yang belum paham materi pelajaran disekolahnya,” ungkap Dedi, Kepala Asrama Bintaro

Seperti yang dilakukan Wina Winarti (15), ia tampak sangat serius mengajari adik asuhnya Maura Adjie Lutfiani (10) mengerjakan tugas sekolah. Hal serupa pun dilakukan Adjie Nayla Az-Zahra (15) yang serius menjelaskan kembali materi pelajaran yang belum dipahami Anjani Nova Nurmadina (10)

Lewat pembiasaan ini, sambung dia, wawasan dan pengetahuan anak-anak dapat bertambah karena seringnya memperhatikan materi yang disampaikan. Selain itu, lewat kegiatan ini juga diharapkan mampu mengembangkan potensi dan bakat anak yang terpendam.

” Alhamdulillah anak-anak sangat kompak membantu teman maupun adik asuhnya ketika mengalami kesulitan belajar atau mengerjakan tugas, semoga pembiasaan ini bisa terus mereka lakukan,” tutup Dedi.

Sinta Guslia

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend