Home / Rubrik / Berita

Mempererat Silaturahmi Dengan Donatur dan Warga Sekitar Asrama Dengan Sayuran Hidroponik Ala Anak Asuh Asrama Kalimantan Selatan

gambar-headline
Banjarbaru Post Views: 13

Banjarbaru (13/1) Belakangan ini bercocok tanam dengan metode hidroponik semakin sering dilirik, terutama untuk berkebun di rumah. Bertanam sayuran dengan metode hidroponik memang cocok untuk manusia modern yang hidup dalam segala keterbatasan. Ternyata berkebun secara hidroponik pun ada manfaat terapeutik nya loh, selain mendapatkan sayuran segar yang bebas pestisida berkebun dengan metoda hidroponik memiliki manfaat :

  1. Menyegarkan Mata : Melihat tumbuhan hijau dapat memberikan efek relaksasi pada mata yang lelah, apalagi setelah seharian bekerja menatap gawai.
  2. Memberi Efek Sejuk : tanaman sayuran yang di tanam di sekitar hunian akan memproduksi lebih banyak oksigen sehingga memberikan efek lebih sejuk dalam hunian.
  3. Menekan Budget : dengan menanam sayuran dapat menekan budget pengeluaran belanja kita sayuran yang kita butuhkan sudah tersedia di pekarangan rumah kita.
  4. Kualitas Sayuran Terjamin : kualitas sayuran akan lebih terjamin karena kita tahu proses dari awal semai sampai sayurannya di panen.
  5. Optimasi Lahan : Lahan kosong di sekitar hunian akan lebih bermanfaat dengan adanya kebun hidroponik.

Kegiatan berkebun hidroponik sendiri menjadi kegiatan rutin di asrama Banjarbaru anak asuh banjarbaru ikut terlibat dalam semua prosesnya dari mulai semai bibit, tanam , sampai proses panen. Mereka sangat senang dengan adanya kegitan ini, sebagai jeda dari semua proses pembelajraan jadi ketika harus Kembali belajar, otak sudah lebih siap menerima materi-materi baru. Dengan berkebun hidroponikpun menjadi sebuah jembatan silaturahmi bagi anak-anak dengan , para donatur dan warga masyarakat sekitar asrama Banjarbaru karena setiap panen anak-anak mempunyai kesempatan untuk berbagi dan bersilaturahmi baik dengan donatur ataupun warga sekitar, punkas Iis ibu asrama Banjarbaru.


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

2 tahun yang lalu