Home / Rubrik / Berita

MENGAPA TIDAK NYAMAN BERIBADAH ?

gambar-headline
Informasi Post Views: 25

Sesungguhnya psikologi, sosiologi, dan ilmu pendidikan , bukan merupakan pemikiran ilmiah, melainkan pemikiran yang dihasilkan melalui pola pikir rasional, sebab eksperimen ilmiah adalah cara memperlakukan suatu benda atau materi pada suatu situasi tertentu, bukan dalam keadaan yang alami. Kesehatan jiwa merupakan impian yang selalu didambakan oleh setiap insan,tanpa terkecuali dan merupakan tujuan yang ingin di capai oleh setiap makhluk,karena manusia selalu mencari kebahagiaan dan ketenangan. Terutama bagi kita selaku umat muslim tentunya kualitas Kesehatan mental harus dijaga agar ibadah dapat lebih khusyuk dan tenang, namun bagaimana jika mental ata hati kita sakit ?  apa yang harus kita lakukan sebagai muslim ? Bagaimana Penawarnya Hati Yang Sakit ?

Ibnul Qoyim menyebutkan teori pengobatan orang sakit. Teori ini berlaku dalam semua tindakan pengobatan orang yang sakit, baik sakit fisik maupun sakit hati atau mental.

Kata Ibnul Qoyim,

ومدار الصحة على حفظ القوة والحمية عن المؤذى واستفراغ المواد الفاسدة ونظر الطبيب دائر على هذه الأصول الثلاثة

Menjaga kesehatan berporos pada 3 hal: [1] Menjaga kekuatan [2]Perlindungan dari sesutau yang memperparah sakitnya  dan [3] Membersihakan sumber penyakit

Dan para dokter selalu memperhatikan 3 prinsip ini. (Ighatsah al-Lahafan, 1/16).

pernahkah kita merasa berat dalam menjalankan ibadah ? mungkin salah satunya karena hati atau mental kita yang sakit, kenapa sih biasanya hati kita sakit padahal hati merupakan ruh dari semua aktifitas yang kita lakukan ?

Abdul Aziz dalam bukunya yang berjudul Kesehatan Jiwa: Kajian Korelatif Pemikiran Ibnu Qayyim dan Psikologi Modern membagi empat faktor penyebab gangguan jiwa, yaitu:

Abdul Aziz dalam bukunya yang berjudul Kesehatan Jiwa: Kajian Korelatif Pemikiran Ibnu Qayyim dan Psikologi Modern membagi empat faktor penyebab gangguan jiwa, yaitu:

-Mengabaikan pikiran

-Fitnah syubhat dan syahwat

-Dosa dan maksiat

-Gelisah, bingung dan sakit

Muhammad Asy-Syanawi mengatakan bahwa sebenarnya manusia tidak akan -terganggu dengan adanya nilai dan moral, seperti yang diungkapkan sebagian orang, melainkan perilaku akan terganggu jika manusia menjauh dari nilai dan moral.

Ibnu Qoyyim menekankan pentingnya kesehatan jiwa yang di istilahkan dengan”Kebahagiaan Jiwa” atau “Pola Hidup Yang Baik dan Sehat” kaitannya dengan manusia. Beliau berkata : “Muslim yang menjadikan nikmat kesehatan untuk mensyukuri karunia dan pemberian Allah kepada hambaNya,pasti akan menjaga nikmat tersebut dari segala bentuk gangguan yang dapat membahayakan dirinya.”

Oleh karena itu, perilaku yang menyimpang dari tujuan dan tugas utamanya merupakan sumber gangguan yang bermuara pada sikap menjauhi agama dan ajaran-ajarannya. Seseorang yang diserang penyakit hati kepribadiannya cenderung terganggu, menyebabkan kurang mampu menyesuaikan diri dengan wajar dan tidak sanggup memahami problemanya.

Bagaimana kondisi kesehatan mental anda hari ini ?

Rizqi Astera Ayuningtyas S.psi,.MM


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

1 tahun yang lalu