Home / Rubrik / Berita

Kurangi Konsumsi Beberapa Makanan Ini, Karena Buruk Bagi Kesehatan Otak

gambar-headline
Indonesia Post Views: 114

Sebagai manusia kita tentu butuh makan makanan sebagai sumber energi untuk tubuh kita dan mendapatkan berbagai macam vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. 

 

Namun kita sebaiknya memikirkan dan memilah makanan apa saja yang baik untuk tubuh dan yang buruk untuk kesehatan tubuh. 

 

Beberapa makanan tentu ada yang memiliki efek negatif pada otak, seperti dapat mempengaruhi memori dan suasana hati seseorang serta dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit demensia. 

 

Di sini akan dijelaskan mengenai makanan yang dapat memperburuk kesehatan otak, ada diantaranya makanan yang sering dikonsumsi oleh kita. 

 

Berikut beberapa makanan yang dapat merusak kesehatan otak kita, diantaranya ialah

 

 

1. Makanan yang Mengandung Tinggi Lemak Trans

Lemak trans artifisial terdapat dalam margarin dan kue yang siap saji yang prosesnya dibuat oleh pabrik. Makanan yang mengandung lemak Trans yang tinggi dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terserang penyakit alzheimer apabila dikonsumsi secara berlebihan.

 

Menurut para praktisi medis, lemak trans juga bisa meningkatkan risiko radang di berbagai bagian tubuh, termasuk pembuluh darah.

 

Selalu banyak lemak Trans dapat merusak pembuluh darah seperti pada jantung otak dan ginjal hal tersebut dapat berisiko menurunkan fungsi kognitif pada manusia oleh karena itu makanan tinggi lemak Trans merupakan makanan yang bisa merusak otak. 

 

2. Alkohol

Alkohol memang selalu dihubungkan dengan berbagai macam penyakit, apalagi jika diminum berlebihan. Alkohol juga dapat meningkatkan risiko otak anda mengalami kerusakan.

 

Alkohol dapat menimbulkan dampak buruk pada volume otak perubahan metolik dan gangguan neurotransmiter (senyawa kimia tubuh untuk menyampaikan pesan antar sel-sel tubuh).

 

Banyak orang yang biasanya minum alkohol kekurangan vitamin B1 hal tersebut dapat mengarah kepada penyakit otak yang disebut Wernicke’s encephalopathy, kemudian dapat berkembang menjadi sindrom Korsakoff.

 

Dan masih banyak lagi efek buruk alkohol yang lainnya untuk otak, seperti fungsi otak memburuk kehilangan ingatan pola tidur terganggu ketidakstabilan dan lain sebagainya. 

 

3. Ikan yang Memiliki Kandungan Tinggi Merkuri

Ikan tinggi merkuri merupakan makanan yang sangat tidak bagus bagi kesehatan otak. Kandungan merkuri tersebut akan masuk ke otak ginjal dan hati. Akibat dari racun merkuri itu dapat menyebabkan gangguan dalam sistem saraf pusat dan neurotransmiter.

 

Biasanya merkuri ada dalam air laut, sungai dan danau. Contoh ikan yang umumnya mengandung banyak merkuri antara lain ialah tilefish, sword fish, hiu, dan king mackerel.

 

Oleh sebab itu selalu periksa kondisi ikan sebelum membeli dan alangkah lebih baiknya konsultasikan pada dokter untuk asupan ikan yang baik. 

 

4. Makanan yang Mengandung Karbohidrat Sederhana (Simpleks) 

Makanan yang termasuk karbohidrat sederhana ialah jenis makanan yang bisa merusak otak. Inilah contoh karbohidrat simpleks antara lain gula dan biji-bijian yang diproses, seperti tepung putih.

 

Karbohidrat jenis ini mempunyai indeks glikemik (GI) yang tinggi, berarti tubuh melakukan proses cerna dengan cepat, sehingga mengakibatkan lonjakan kadar gula darah dan insulin.

 

Pada saat dimakan dengan jumlah yang lebih besar makanan ini sering mempunyai beban glikemik (GL) yang tinggi makanan yang tinggi GI dan tinggi GL tentu dapat merusak fungsi otak. 

 

Ayo jaga selalu kesehatan otak kita. Hindari makanan atau minuman yang dapat merusak kesehatan otak dan selalu jaga kesehatan tubuh dengan pola hidup yang sehat. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

7 bulan yang lalu