Home / Rubrik / Berita

Buah-buahan yang Dapat Tingkatkan Trombosit

gambar-headline
Bandung Post Views: 287

Trombosit adalah sel darah yang memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah normal (koagulasi). Pada proses pembekuan darah, darah akan membentuk gumpalan (bekuan darah) untuk menutup dan memulihkan luka, serta menghentikan pendarahan. Trombosit membantu membentuk bekuan darah untuk memperlambat atau menghentikan perdarahan, dan penyembuhan luka. Itulah peran penting trombosit.

 

Kadar trombosit normal secara umum adalah 150.000-450.000 trombosit per mcL darah. Jika jumlah trombosit kurang dari itu, maka seseorang pasti memiliki masalah dengan kesehatannya. Di antara masalah kekurangan trombosit antara lain adanya kanker, infeksi, atau serangan demam berdarah. Dalam beberapa kasus, orang hamil juga mungkin mengalami penurunan trombosit.

 

Ada beberapa gejala yang menandakan jumlah trombosit di tubuh menurun, diantaranya : mimisan, gusi berdarah, saat ada luka perdarahan tidak berhenti, perdarahan berat saat menstruasi, mudah lelah, perdarahan di rektum, terdapat memar pada kulit yang berwarna kemerahan, ungu, atau cokelat, terdapat ruam dengan titik-titik kecil yang berwarna merah atau ungu; biasanya di kaki bagian bawah, pembengkakan pada limpa, kulit dan mata berwarna kuning (jaundice).

 

Selain itu, penurunan trombosit bisa terjadi akibat adanya perdarahan internal. Gejalanya antara lain: ada darah di tinja, ada darah di urine, muntah darah dengan warna darah sangat gelap.

 

Bila kamu mengalami sejumlah gejala yang mengindikasikan terjadinya penurunan trombosit, segera atasi dengan mengonsumsi buah berikut :  

 

1. Jambu biji

Jambu biji disebut sebagai salah satu buah penambah trombosit. Jambu biji mengandung zat aktif yang disebut trombino. Zat ini mampu merangsang trombopoietin untuk menghasilkan keping darah lebih banyak. Trombopoietin adalah pengatur utama produksi trombosit yang dihasilkan oleh hati dan ginjal.

Tidak hanya itu, jambu biji juga memiliki kandungan vitamin c tinggi yang bermanfaat untuk membantu trombosit berkumpul dan berfungsi secara efisien.

 

2. Buah bit

Buah bit adalah buah yang dikenal memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan bisa membantu untuk menaikkan keping trombosit dalam tubuh. Jika kita mencicipi buah bit, akan terasa sangat kuat rasa dan bau besi karena kandungan zat besinya yang tinggi.

 

3. Kurma

Kurma mengandung banyak vitamin, mineral, dan fitonutrien yang baik bagi kesehatan, termasuk vitamin K yang dipercaya dapat meningkatkan trombosit. Kurma juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, kurma mengandung zat besi; kalsium; fosfor; potasium; magnesium; dan zinc.

 

Berbagai kandungan itu membuat kurma dipercaya berkhasiat sebagai makanan penambah trombosit, terutama bagi pasien DBD. Mengonsumsi kurma dapat mendukung proses penyembuhan karena kurma mengandung kalori yang cukup tinggi. Hal ini dapat membantu mencukupi kebutuhan kalori harian.

 

4. Mangga

Mangga juga termasuk salah satu buah yang dipercaya sebagai penambah trombosit. Alasannya, buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. 

 

5. Delima

Berbagai kandungan dalam buah ini memang dapat membantu meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Sama seperti mangga dan jambu biji, mangga juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, delima mengandung folat yang memiliki fungsi penting dalam pembentukan sel darah. Dalam buah delima terdapat zat besi yang dapat meningkatkan trombosit dalam darah dan sel darah merah.

 

6. Buah naga

Seperti jambu biji dan juga delima, buah naga juga merupakan salah satu buah untuk menaikkan trombosit. Warna merah pekat pada buahnya menunjukkan bahwa buah naga kaya akan antioksidan yang berguna bagi tubuh.

 

7. Jeruk

Jeruk dianggap mampu membantu menaikkan kadar trombosit karena memiliki kandungan folat. Kekurangan folat atau vitamin B9 merupakan salah satu penyebab turunnya trombosit dalam darah. Mengonsumsi jeruk dapat membantu meningkatkan jumlah folat dalam tubuh sehingga kadar trombosit pun kembali normal.

 

8. Labu

Salah satu buah atau sayuran yang kaya akan vitamin A, yang merupakan bahan penting dalam pembentukan protein dalam tubuh, dan juga merupakan buah yang dianjurkan untuk menaikkan jumlah trombosit.

 

9. Tomat

Tomat adalah buah yang kaya akan vitamin C yang juga berperan penting dalam menaikkan keping trombosit pada tubuh. Nutrisi vitamin C akan membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan lebih optimal, sehingga keping trombosit pun bisa meningkat.

 

Mari kita rutinkan konsumsi ke 9 buah diatas agar, kadar trombosit dalam tubuh tetap normal.


Author

img-author

Sinta Guslia

6 bulan yang lalu