Home / Rubrik / Berita

Bercandaan Toxic yang Biasanya Dianggap Sepele

gambar-headline
Bandung Post Views: 355

Setiap hari ada banyak obrolan yang bisa kita bicarakan dengan teman atau keluarga. Tidak jarang, kita juga melempar lelucon dan bercanda satu sama lain dengan mereka.

 

Tapi, pernah gak kamu melontarkan suatu candaan justru malah menyesal dengan candaan yang kamu lontarkan ke teman atau ke keluargamu? Atau mungkin keluarga atau temanmu jadi pendiam saat kamu melontarkan candaan itu, padahal menurutmu topik candaanmu itu adalah hal yang sepele?

Meski menurutmu sepele, bisa jadi teman atau keluargamu merasa sakit hati dengan candaanmu itu loh. 

 

Nah agar kamu tahu cara membedakan bercandaanmu toxic atau tidak, mending kamu perhatikan beberapa jenis becandaan yang toxic tetapi ternyata dianggap biasa:

 

1) Fisik

Candaan tentang fisik seseorang seringkali menjadi topik yang paling sering kita dengar. Meski dianggap biasa saja dan terdengar lucu serta akrab, namun candaan ini menjurus ke body shaming loh. 

Bercandaan body shaming bisa berpengaruh pada kesehatan mental orang yang bersangkutan. Ancaman seperti depresi, gangguan kecemasan, merasa rendah diri, bahkan membenci tubuh sendiri bisa ditimbulkan dari body shaming. 

 

2) Kecerdasan

”Ah elah gitu aja masa nggak ngerti sih!” Celetukan semacam ini walaupun dimaksudkan sebagai candaan namun dapat berakibat fatal. Terlebih jika dilakukan di depan umum, di mana kita menyoroti kelemahan orang lain.

Becandaan seperti ini bisa menjadi ketakutan terbesar seseorang. Selain itu juga bisa memicu munculnya emosi berupa rasa malu, kecemasan, kesedihan, amarah, takut, hingga merasa harga dirinya direndahkan.

 

3) Ekonomi

Latar belakang ekonomi seseorang juga sebaiknya tidak jadikan sebagai bahan candaan ya,

Bagaimanapun itu, kita tidak pernah tahu apa yang sebenarnya dirasakan oleh teman kita dengan candaan tersebut.

 

4) Cara Berpakaian

Komentar tentang cara berpakaian seseorang juga tidak pas untuk jadikan sebagai bahan candaan. Misalnya saja dengan mengatakan si A tidak pantas menggunakan gaun, dan seterusnya, sebab bukanlah hal yang tepat untuk dijadikan sebagai bahan obrolan dan candaan.

Menjadikan gaya pakaian seseorang sebagai lelucon bisa dikategorikan mempermalukan orang tersebut. Tanpa disadari ini juga bisa termasuk dalam praktik body shaming.

 

5) Kepribadian

Setiap orang punya tipe kepribadian yang berbeda-beda. Kamu tidak bisa memaksakan kepribadian teman yang memang introvert untuk jadi seperti kamu yang ekstrovert, misalnya.

 

6) Status

Sama halnya dengan kondisi ekonomi, status seseorang juga tidak pantas dijadikan candaan meskipun dianggap biasa saja. Bercanda atas kondisi status seseorang bisa membuatnya sakit hati dan tidak nyaman.

 

 

Nah, 6 topik ini yang sebaiknya tidak kamu jadikan sebagai bahan candaan, walaupun dengan orang terdekatmu ya! Menjaga hubunganmu tetap sehat dan baik dengan orang-orang tersayang tentu jauh lebih penting bukan?

 


Author

img-author

Sinta Guslia

6 bulan yang lalu