Home / Rubrik / Berita

Buah Semangka Apakah Boleh Dimakan Ketika Perut Kosong?

gambar-headline
Indonesia Post Views: 337

Mengkonsumsi buah-buahan salah satunya semangka sangat baik untuk tubuh, karena buah-buahan adalah makanan paling sehat, sebab memiliki kandungan vitamin dan mineral dan juga nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh. 

 

Namun ada buah-buahan tertentu yang paling baik dimakan pada saat perut kosong. Seperti dilansir dari times food dari 10 buah untuk dikonsumsi pada saat perut kosong, semangka merupakan salah satu dari buah tersebut, karena memiliki kandungan air tinggi, semangka dapat menghidrasi dan menyediakan vitamin A dan vitamin C. Hal tersebut bisa membantu detoksifikasi dan proses pencernaan. 

 

Dilansir dari India Today, semangka mengandung air tinggi dan mampu membuat kita tetap dalam kondisi terhidrasi. Semangka memiliki kandungan likopen tinggi dan antioksidan kuat.

 

Mengkonsumsi buah-buahan ketika perut kosong merupakan upaya untuk menjadi sehat sebelum memulai aktifitas sehari-hari. Buah-buahan umumnya gampang dicerna dan memberikan dorongan energi yang baik dengan kandungan vitamin, mineral dan serat yang penting bagi tubuh.

 

Semangka mempunyai kandungan air 90% dan vitamin yang banyak serta mineral. Semangka bisa dijadikan sebagai cara yang nikmat untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. Kandungan serat dan nilai gizinya yang tinggi membuat semangka menjadi buah sempurna untuk dihidangkan pada saat sarapan.

 

Akan tetapi ada beberapa bagian orang yang tidak boleh atau tidak dianjurkan mengkonsumsi buah dalam keadaan perut kosong. 

 

Ahli Nutrisi Anupama Menon mengatakan bahwa mengonsumsi buah saat perut kosong mungkin memiliki manfaat atau tidak bermanfaat untuk seseorang menurut tipe tubuh dan fungsi hormonalnya.

 

Jika orang tersebut memperlihatkan gejala resistensi lepin atau resistensi insulin, konsumsi buah ketika sarapan mungkin tidak disarankan untuk dijadikan pilihan. Hal itu karena bisa memperburuk gejala dan mungkin tidak terlalu bermanfaat. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

7 bulan yang lalu