Home / Rubrik / Berita

Kewajiban Seorang Muslim Menjaga Diri dari Maksiat

gambar-headline
Indonesia Post Views: 2393

Seorang muslim wajib untuk menjaga dirinya dari perbuatan maksiat. Kita hidup di dunia ini sesungguhnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang baik, apalagi yang bisa bermanfaat untuk sesama manusia. Karena kita hidup di dunia ini sementara, akan dipertanggungjawabkan semua yang telah kita lakukan di akhirat nanti. 

 

Hidup di dunia tidak selamanya, jadi sebagai seorang muslim kita sebaiknya menjaga diri dari maksiat agar terhindar dari perbuatan dosa yang mengakibatkan kita bisa mendapatkan siksa di akhirat nanti. 

 

Secara umum dapat disebutkan bahwa agama hanya terdiri dari dua hal ialah melakukan perintah dan menjauhi larangannya. Yang pertama ialah perilaku taat kepada Allah dan kedua menjauhi maksiat pada Allah. Apabila kita renungkan, alat yang dipakai oleh seorang manusia dalam melakukan dua hal tersebut ialah anggota tubuh. Allah menciptakan badan manusia sebagai nikmat untuk mereka nikmati dan amanah dalam mereka jaga. Seperti yang tertera pada firman Allah dalam Q.S Adz-Dzaariyaat ayat 56, “Dan Aku ciptakan jin dan manusia hanya untuk beribadah kepadaku", maka Allah SWT menciptakan anggota badan untuk manusia sebagai alat untuk manusia beribadah kepada Allah.

 

Imam Al Ghazali juga mengatakan “Al-muhajir man hajar al-su’ wal mujahid man jahad hawah” yang bermakna, seseorang disebutkan melaksanakan hijrah apabila ketika dia beranjak menjauh dari sebuah maksiat dan ia dikatakan sebagai seorang yang jihad pada saat memerangi hawa nafsunya. 

 

Oleh karena itu orang yang melaksanakan perbuatan baik dan meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT sudah layak disebut sebagai seorang jihad dan orang yang menjauhi maksiat sesungguhnya ia sudah berhijrah.

 

Jagalah anggota badan kalian dari perbuatan maksiat, karena semua anggota badan akan menjadi saksi ketika hari kiamat.  

Allah berfirman:

  يَّوۡمَ تَشۡهَدُ عَلَيۡهِمۡ اَلۡسِنَـتُهُمۡ وَاَيۡدِيۡهِمۡ وَاَرۡجُلُهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ

 

"Pada hari, (ketika) lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan." (QS An-Nur: 24).

 

Oleh sebab itu jagalah semua anggota badan kalian dari perilaku maksiat, khususnya 7 anggota badan. Sebab neraka jahanam memiliki 7 pintu. 7 anggota badan yang harus dijaga ialah telinga, mata, lidah, kemaluan, perut, tangan dan kaki. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

7 bulan yang lalu