Home / Rubrik / Berita

Bersihkan Ginjal, Dengan Meminum Beberapa Herba Ini

gambar-headline
Bandung Post Views: 243

Oleh : Boy Hardy Harjadinata

 

Malam yang hangat menjadi saksi bagi pengalaman tak terduga ketika saya dan sekelompok teman berkumpul untuk bersantai. Diskusi yang dimulai dengan tawa dan canda tiba-tiba berubah menjadi percakapan yang mendalam tentang kesehatan ginjal. Salah satu dari mereka berbagi kisah inspiratif tentang tetangganya yang berhasil pulih dari gagal ginjal melalui perubahan gaya hidup, terutama dengan rutin minum jus seledri. Memang sebelumnya saya sering mendengar tentang khasiat seledri ini yang bisa membersihkan ginjal, namun selama ini saya hanya berfikir bahwa seledri tersebut hanya efektif untuk pencegahan saja. Sayapun yang tadinya berfikir demikian harus merubah kembali kepercayaan saya tentang khasiat tamanan ini. Rasa penasaran berlanjut dengan membuka beberapa artikel. Berdasarkan beberapa artikel saya baca, ternyata tak hanya seledri, beberapa tanaman herbal lainnya dipercaya dapat membersihkan ginjal, diantaranya :

 

Seledri (Apium graveolens):

Teman tersebut menceritakan bagaimana jus seledri telah menjadi penyelamat bagi tetangganya. Seledri mengandung senyawa antioksidan dan senyawa fitokimia yang dapat membantu membersihkan ginjal dan mengurangi peradangan. Rutin mengonsumsi jus seledri diyakini dapat memperbaiki fungsi ginjal dan membantu mengeluarkan racun.

 

Daun Peterseli (Petroselinum crispum):

Daun peterseli kaya akan vitamin C, vitamin K, dan senyawa fitokimia seperti miristisin. Ini dapat membantu meningkatkan aliran urine dan mengurangi pembengkakan, memberikan dukungan tambahan untuk kesehatan ginjal.

 

Kulit Manggis (Garcinia mangostana):

Ekstrak kulit manggis mengandung xanthones, senyawa antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel ginjal dari kerusakan oksidatif. Kulit manggis juga diyakini memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mendukung kesehatan ginjal.

 

Kurkuma (Curcuma longa):

Kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit, memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam ginjal dan mendukung fungsi ginjal yang optimal.

 

Lidah Buaya (Aloe vera):

Lidah buaya dikenal dengan sifat penenang dan antiinflamasinya. Konsumsi jus lidah buaya dapat membantu membersihkan ginjal dan meredakan peradangan yang mungkin terjadi.

 

Tips Penting untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

 

Selain mengonsumsi tanaman herbal, sangat perlu untuk mengikuti langkah-langkah lain untuk menjaga kesehatan ginjal, diantaranya :

 

Minum Air Secukupnya:

Pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup sepanjang hari. Air membantu menyaring racun dan limbah dari tubuh.

 

Pantau Tekanan Darah:

Tekanan darah tinggi dapat merusak ginjal. Rutin memeriksa tekanan darah dan mengelolanya dengan baik sangat penting.

 

Batasi Konsumsi Garam:

Reduksi asupan garam membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah beban berlebihan pada ginjal.

 

Aktivitas Fisik Teratur:

Olahraga teratur dapat meningkatkan aliran darah ke ginjal dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

 

Tanaman herbal seperti seledri, daun peterseli, kulit manggis, kurkuma, dan lidah buaya dapat menjadi tambahan yang berharga untuk mendukung kesehatan ginjal. Namun, sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan atau gaya hidup, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi individual.

 

Source : alodokter, halosehat, liputan6


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

5 bulan yang lalu