Home / Rubrik / Berita

Peran Orang Tua Asuh dalam Keberlangsungan Pendidikan Yatim dan Dhuafa

gambar-headline
Indonesia Post Views: 138

Oleh : Boy Hardy Harjadinata

Orang tua asuh memainkan peran penting dalam mendukung pendidikan anak yatim dan dhuafa. Orang tua asuh memberikan bantuan finansial yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar anak-anak ini.

 

Mengapa Orang Tua Asuh Penting?

Anak yatim dan dhuafa seringkali menghadapi tantangan ekonomi yang membuat mereka sulit untuk mengakses kehidupan yang layak. Orang tua asuh membantu mengatasi hambatan ini dengan memberikan dukungan finansial secara rutin setiap bulan. Dengan adanya orang tua asuh, anak-anak ini dapat melanjutkan pendidikan mereka serta memenuhi kebutuhan dasar lainnya dan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk sukses di masa depan.

 

Bagaimana Cara Kerja Program Orang Tua Asuh?

Program orang tua asuh dijalankan Lasnas Rumah Yatim. Donatur dapat mendaftar untuk menjadi orang tua asuh dan memberikan donasi bulanan untuk mendukung pendidikan anak yatim dan dhuafa. Besaran dana yang diberikan oleh orang tua asuh sebesar minimal Rp. 600.000,- setiap bulannya yang dapat disesuaikan dengan jumlah bulan yang disanggupi donatur.

Dana yang dikumpulkan digunakan untuk membantu membiayai berbagai kebutuhan dasar anak seperti sandang dan pangan, kesehatan termasuk biaya sekolah, buku, seragam, dan kebutuhan lainnya. Selain itu, beberapa program juga memberikan bantuan tambahan seperti pelatihan keterampilan dan bimbingan karir untuk membantu anak-anak ini sukses di masa depan.

 

Dampak Positif Orang Tua Asuh

Dengan dukungan dari orang tua asuh, anak yatim dan dhuafa dapat melanjutkan pendidikan mereka dan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk meraih impian mereka. Mereka dapat belajar dan berkembang dalam lingkungan yang mendukung, yang pada akhirnya dapat membantu mereka keluar dari siklus kemiskinan.

 

Selain itu, menjadi orang tua asuh juga memberikan manfaat bagi donatur. Mereka dapat merasakan kepuasan emosional dari membantu anak-anak yang membutuhkan dan berkontribusi pada perbaikan masyarakat.

 

Proses Menjadi Orang Tua Asuh

Untuk menjadi orang tua asuh, donatur perlu mendaftar melalui situs Laznas Rumah Yatim. Prosesnya melibatkan pengisian formulir pendaftaran. Selain itu, calon orang tua asuh juga perlu menunjukkan komitmen mereka untuk memberikan dukungan finansial secara rutin setiap bulan sesuai kemampuan.

 

Orang tua asuh memainkan peran penting dalam mendukung kehidupan anak yatim dan dhuafa. Mereka memberikan dukungan finansial yang membantu anak-anak ini mengakses pendidikan yang layak dan meraih impian mereka. Dengan menjadi orang tua asuh, kita tidak hanya membantu anak-anak ini tetapi juga berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang lebih baik. Yuk berkontribusi.


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

6 bulan yang lalu