Home / Rubrik / Berita

Beberapa Golongan Manusia yang Allah SWT Selamatkan dari Api Neraka

gambar-headline
Indonesia Post Views: 561

Siapapun yang mendengar kata neraka pasti takut karena api neraka dikatakan mempunyai panas yang sangat dahsyat sebab mampu menghanguskan apa saja seketika. 

 

Terdapat beberapa hadis yang menjelaskan tentang golongan manusia yang akan diselamatkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala dari panasnya api neraka. 

 

Imam Syamsuddin Al-Qurthubi dalam Kitab At-Tadzkirah mengatakan sejumlah hadits yang membahas tentang hal itu. Pertama, hadits yang tertera dalam Kitab Shahih Bukhari-Muslim mengatakan bahwa Allah SWT pasti menjauhkan orang yang melakukan puasa di jalan Allah SWT dari neraka.

 

Dari Abu Sa'id Al-Khudri RA, beliau menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

 

ما مِنْ عَبْدِ يَصُومُ يَوْمًا فِي سَبِيلِ اللهِ إِلا بَاعَدَ اللَّهُ بِذَلِكَ الْيَوْمِ وَجْهَهُ عنِ النَّارِ سبعين خريفا

 

Artinya: "Tidak seorang pun manusia yang berpuasa sehari di jalan Allah, melainkan lantaran itu Allah menjauhkan wajah orang itu dari neraka sejauh (perjalanan) tujuh puluh tahun." (HR Bukhari dan Muslim)

 

Hadits itu juga dikeluarkan oleh An-Nasa'i dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW yang bersabda,

 

"Barang siapa berpuasa sehari di jalan Allah, maka Allah menjauhkan wajah orang itu dari neraka sejauh (perjalanan) tujuh puluh tahun." (Hadits shahih, termuat dalam Shahih Al-Jami' karya Al-Albani). 

 

Dalam Kitab Abu Dawud juga dikatakan hadits bahwasanya golongan manusia yang menjenguk saudaranya sesama muslim yang sakit maka akan dijauhkan dari neraka Jahannam. Hadits tersebut berasal dari Anas bin Malik RA, dia menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

 

"Barang siapa berwudhu dengan sebaik-baiknya dan menjenguk saudaranya sesama muslim (yang sakit), maka dia dijauhkan dari neraka Jahannam sejauh (perjalanan) tujuh puluh musim gugur." Abu Hamzah menyebutkan maksud musim gugur ini ialah tahun. Akan tetapi, hadits ini statusnya dhaif atau lemah. Al-Albani memasukkan hadits tersebut dalam Dha'if Al-Jami'.

 

Terdapat satu golongan manusia yang melakukan amalan yang dapat menghindarkan dirinya dari neraka yaitu golongan manusia yang melakukan sedekah. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits shahih yang termuat dalam Shahih Bukhari-Muslim. Adi bin Hatim mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

 

"Barang siapa di antara kamu sekalian mampu menghalangi dirinya dari neraka, walaupun hanya dengan bersedekah separuh butir kurma, maka lakukanlah." (HR Bukhari dan Muslim, redaksi ini dari Muslim)

 

Oleh karena itu sebaiknya umat muslim selalu melakukan amalan-amalan kebaikan seperti berpuasa di jalan Allah SWT, lalu apabila ada saudara yang sedang mengalami musibah atau sakit kita menjenguknya dengan ikhlas, serta kita senantiasa selalu bersedekah berapapun jumlahnya asalkan kita ridho karena Allah SWT. Amalan tersebutlah yang nantinya akan membantu kita kelak di akhirat nanti dan menjauhkan kita dari siksa api neraka.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

8 bulan yang lalu