Home / Rubrik / Berita

Apasih Manfaat Internship Bagi Generasi Muda Angkatan Kerja?

gambar-headline
Indonesia Post Views: 144

Internship atau magang adalah suatu program belajar dan sebagai ajang berlatih bekerja secara langsung di sebuah perusahaan dalam beberapa waktu. Perusahaan yang menerima karyawan magang berhak memberi tugas dan wajib memberi bimbingan selama waktu program internship. 

 

Dilansir dari situs BPK RI, secara legal kerja magang telah diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan di Indonesia. Di antaranya ialah

 

- UU No. 13 Tahun 2003 Pasal 21 -29

- Permenaker No. 6 Tahun 2020 yang menggantikan Permenaker No. 36 Tahun 2016

- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

 

Peraturan terkait magang di dalam perusahaan diatur langsung oleh lembaga terkait seperti instansi atau perusahaan yang menyediakan program magang.

 

Lalu apa saja manfaat dari internship bagi generasi muda angkatan kerja? 

 

1. Pengalaman Kerja

Manfaat pertama yang yang dapat kita peroleh dengan melaksanakan internship atau magang ialah pengalaman kerja. Pastinya dengan melaksanakan kegiatan kerja magang kita akan memperoleh pengalaman-pengalaman yang mungkin sebelumnya tidak pernah kita dapatkan. 

 

Dengan melaksanakan internship kalian dapat mempraktekkan ilmu yang kalian dapat di saat belajar di sekolah atau di perkuliahan. Pada kenyataannya mungkin tidak semua langkah yang kita pelajari di sekolah atau di kuliah akan sama saat di dunia kerja yang profesional, tetapi cara-cara tersebut bisa dijadikan referensi untuk kedepannya. 

 

2. Melatih Kepercayaan Diri

Dengan melakukan magang, kita melatih kepercayaan diri secara tidak langsung kita bisa membangun komunikasi dengan orang lain yang tentunya dibutuhkan rasa kepercayaan diri. 

 

Rasa percaya diri menjadi modal tambahan ketika masuk ke dunia kerja yang profesional. Kita akan lebih percaya diri dan mudah beradaptasi bersama orang banyak, selain itu kita secara tidak langsung melatih interpersonal skill yaitu seperti komunikasi antar pribadi yang menjadi modal kerjasama tim yang baik. 

 

3. Meningkatkan Keterampilan

Dengan magang kita bisa meningkatkan keterampilan di berbagai bidang. Kita bisa mendapatkan pengetahuan-pengetahuan mengenai bidang studi yang digeluti atau pengetahuan baru dalam dunia kerja. 

 

Hal tersebut bisa menjadi modal yang berharga untuk kita kedepannya. Sehingga apabila kita masuk ke dunia kerja profesional kita tidak merasa kaget dan dapat beradaptasi dengan mudah serta kita bisa memperoleh soft skill dan skill yang lainnya. 

 

4. Membangun Relasi (Networking)

Manfaat selanjutnya dari program magang kita dapat membangun relasi di dunia kerja yang profesional dengan bekerja di sebuah instansi, lembaga atau perusahaan kita dapat mengenal orang-orang yang ahli di bidangnya dan itu bisa dijadikan sebagai upaya membangun relasi dengan orang-orang hebat.

 

Relasi juga merupakan suatu modal yang krusial di dunia kerja ke depannya. Kita akan memperoleh informasi-informasi penting dari orang lain tentunya dengan relasi yang kita jalin sehingga alangkah baiknya kita menjaga dan memperluas relasi yang mungkin berguna untuk ke depannya. 

 

5. Membuka Peluang Kerja

Dengan melaksanakan internship kita akan dipermudah untuk masuk ke dunia kerja dan peluang kerja kita akan terbuka di masa depan. 

 

Dengan kita melakukan magang di sebuah perusahaan atau instansi kita akan bertemu orang-orang atau atasan yang melihat kinerja kita, apabila kinerja kita memuaskan dan disukai oleh orang-orang yang memiliki wewenang di instansi tersebut, maka tidak menutup kemungkinan kita akan direkomendasikan. 

 

Oleh karena itu kita manfaatkan masa magang kita dengan menunjukkan kualitas terbaik dari diri kita. Tentunya dengan memberikan kualitas terbaik akan ada orang-orang di instansi tersebut yang senang dengan kinerja kita dan membuat peluang kerja di masa depan akan terbuka lebar. 

 

Itulah beberapa manfaat dari internship atau magang di sebuah perusahaan bagi kita generasi muda angkatan kerja.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

6 bulan yang lalu