Home / Rubrik / Berita

Kunyit dan Sejuta Manfaatnya

gambar-headline
Indonesia Post Views: 206

Siapa yang tidak tahu kunyit tanaman yang sering kita jumpai di dapur ternyata mempunyai sejuta manfaat. 

 

Tanaman kunyit merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari Asia Tenggara yang termasuk ke dalam famili Zingiberaceae yang memiliki batang semu yang terbentuk dari pelepah daun-daunnya. Bagian utama tanaman kunyit ialah rimpangnya yang merupakan tempat tumbuhnya tunas.

 

Terdapat senyawa utama yang terkandung dalam rimpang kunyit yaitu minyak atsiri dan kurkuminoid. 

 

Kunyit dikenal memiliki banyak khasiat dan sering dijadikan jamu serta obat tradisional. Senyawa yang terdapat dalam kunyit memiliki peran sebagai anti tumor, antioksidan, antimikroba, anti kanker dan anti racun. 

 

Di masyarakat berbagai negara kunyit merupakan bahan dasar tradisional untuk mengobati penyakit seperti penyakit yang disebabkan oleh mikroba, parasit, cacar, gigitan serangga, sakit perut seperti diare, sembelit, kembung, gangguan pencernaan, gangguan asma, gangguan hati, menghilangkan gatal, menghilangkan penyakit kulit serta mengurangi rasa nyeri. 

 

Berikut sejuta manfaat dari kunyit yang baik untuk kesehatan tubuh. 

 

1. Meredakan Radang

Kurkumin yang terkandung pada kunyit merupakan antioksidan yang mempunyai efek antiradang poten sehingga dapat mengobati radang.

 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit memiliki kandungan zat kurkumin yang mampu bekerja untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kunyit mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh melawan bakteri atau virus penyebab penyakit.

 

3. Menghilangkan Rasa Mual

Kandungan kurkumin yang terdapat pada kunyit akan diserap ke dalam aliran darah manusia dan dapat mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit senantiasa tekanan pada perut akan terasa ringan dan lega, sehingga dapat menghilangkan rasa mual.

 

4. Mengatasi Perut yang Kembung

Zat kurkumin yang terdapat pada kunyit juga dapat membantu mengurangi tekanan gas yang ada dalam perut dan mampu membantu lambung menghentikan produksi asam yang berlebihan.

 

5. Mengobati Alergi

Kunyit memiliki kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin yang berfungsi sebagai senyawa anti alergi yang bisa membantu mengobati rasa gatal di tubuh. 

 

Itulah beberapa manfaat dari kunyit dan sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari kunyit yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

6 bulan yang lalu