Home / Rubrik / Berita

Sedekah Dulu atau Qurban Dulu?

gambar-headline
Indonesia Post Views: 606

Menuju Hari Raya Idul Adha yang tidak lama lagi akan tiba, banyak pertanyaan didalam hati kita seperti mana yang harus diutamakan sedekah dulu atau qurban dulu. 

 

Menurut Ibnu Qayyim berkata bahwa menyembelih pada waktunya lebih utama daripada sedekah dengan harganya, sekalipun dengan jumlah sedekah yang lebih besar daripada harga kurban, karena penyembelihan dan mengalirkan darah itu sendiri menjadi sasaran, ia adalah ibadah yang disandingkan dengan shalat.

 

Terdapat juga di firman Allah dalam QS. Al-Kautsar ayat 2 yang artinya, “Maka shalatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah.

 

Imam Hambali berpendapat jika seseorang bisa mengusahakan diri untuk membeli hewan kurban, walaupun dengan cara berutang, maka dia dianjurkan untuk berkurban. Hukum berkurban wajib bagi seseorang yang mampu melakukannya, namun menjadi sunnah bila seorang muslim tidak mampu menunaikannya.

 

Jika seorang muslim menjadi musafir, disunnahkan baginya untuk berkurban. Sedangkan bagi anak-anak yang belum baligh, tidak disunnahkan.

 

Beberapa alasan qurban lebih utama dari pada sedekah ialah

1. Qurban merupakan salah satu sunnah Nabi SAW.

2. Qurban ibadah yang dilaksanakan khusus pada tanggal 10 Dzulhijjah saja. Sedangkan untuk sedekah tidak dibataskan harinya atau bisa kapan saja.

3. Perbedaan hukum dikalangan ulama, yang Sebagian besar mawajibkan untuk berqurban.

 

Dalam sabda Rasulullah SAW, ketika beliau ditanya, "Sedekah bagaimanakah yang paling utama?", beliau menjawab, "Engkau bersedekah di saat kamu dalam keadaan sehat dan cinta harta, banyak keinginan dan takut miskin. Serta tidak menangguhkannya sampai nyawa di kerongkongan, kemudian mengatakan, "Ini untuk si fulan, dan itu untuk si fulan". Padahal memang itu sudah jatah si fulan dan si fulan)." (mutafaq alaih).

 

Aspek keistimewaan dari berqurban dan sedekah itu mempunyai keistimewaan tersendiri apabila kita melaksanakannya. Tetapi apabila disuruh pilih antara berqurban atau sedekah maka pilihlah yang lebih bermanfaat, bermaslahat dan yang paling dibutuhkan orang lain.

 

Dari apa yang dijelaskan tentang mana yang lebih dulu antara berquban atau sedekah harus dilihat dari segi perekonomiaan kita sendiri dan kebutuhan orang.

 

Semoga dengan penjelasan diatas mampu berikan manfaat dan kita senantiasa diberikan kelapangan untuk mampu berqurban atau sedekah dan dapat melaksanakan segala perintah Allah SWT dengan baik.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

11 bulan yang lalu