Home / Rubrik / Berita

Beberapa Kebiasaan yang Dapat Menurunkan Fungsi Penglihatan

gambar-headline
Indonesia Post Views: 120

Seiring bertambahnya usia kemampuan kinerja indra penglihatan akan menurun kondisi tersebut bisa menjadi para apabila kita menerapkan kebiasaan buruk yang dapat menurunkan fungsi penglihatan bahkan sampai merusak mata. Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan yang bisa menurunkan fungsi penglihatan diantaranya sebagai berikut. 

 

1. Memandang Ponsel Terlalu Lama

Ada beberapa pekerjaan yang menuntut seseorang menatap layar gadget dengan waktu yang lama, sayangnya kebiasaan ini mampu menyebabkan otot mata bekerja lebih keras sehingga membuat mata lelah pusing sampai nyeri kepala. 

 

Selain itu sinar biru dari layar gadget juga mampu menyebabkan degenerasi makula di retina yang jika dibiarkan mampu mengakibatkan kebutaan. Agar terhindar dari hal tersebut usahakan untuk mengistirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan beberapa saat dan menggunakan pelindung layar yang mampu menghalau sinar biru. 

 

2. Kebiasaan Merokok

Merokok bisa mengganggu peredaran darah yang mengandung nutrisi dan oksigen sehingga perokok aktif sangat beresiko mengalami degenerasi makula dan katarak. 

 

3. Membaca dengan Penerangan Minim

 Kebiasaan selanjutnya yang mampu merusak mata ialah membaca di tempat gelap, hal tersebut menyebabkan lensa mata bekerja lebih keras untuk menebal dan menipis Pupil mata pun dipaksa agar berdilatasi sehingga mata menjadi cepat lelah. 

 

Bukan hanya itu kegiatan yang bisa merusak mata ialah saat membaca sambil tiduran, posisi ini menyebabkan jarak baca ideal mata ke buku menjadi susah diatur, jadi mata mudah lelah dan pegal. 

 

4. Tidak Melakukan Pemeriksaan Mata Rutin

Pemeriksaan mata secara rutin penting dilaksanakan setiap tahun supaya mendeteksi gangguan mata sejak dini. Oleh karena itu kita bisa terhindar dari penyakit mata seperti glaukoma degenerasi makula atau retinopati diabetik, untuk pemeriksaan mata rutin disarankan untuk semua kalangan terutama orang orang yang sudah berusia di atas 40 tahun. 

 

5. Menggunakan Lensa Kontak Tidak Sesuai Anjuran 

Seringkali yang menjadi penyebab masalah pada mata seperti infeksi atau iritasi ialah menggunakan lensa kontak dengan ceroboh penggunaan lensa kontak perlu lebih ekstra dalam menjaga kesehatan mata. 

 

Jika kebiasaan-kebiasaan di atas terus dilakukan dalam waktu lama, maka kemampuan penglihatan pun akan menurun. Oleh karena itu jagalah kesehatan mata dengan baik. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

8 bulan yang lalu