Home / Rubrik / Berita

Perhatikan Beberapa Jenis Makanan Ini Karena Akan Merusak Kualitas Tidur

gambar-headline
Bandung Post Views: 107

Memiliki pola tidur yang berkualitas merupakan impian semua orang. Sebab, tidur berkualitas bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh, juga kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. Oleh sebab itulah, kita semua perlu menjaga kualitas tidur sebaik mungkin.

 

Untuk memiliki pola tidur berkualitas, kita harus melakukan beberapa langkah, salah satunya dengab menghindari jenis makanan berikut : 

 

1. Makanan Berlemak 

Mengonsumsi makanan berlemak seperti gorengan dan lainnya di malam hari dapat mengganggu tidurmu. Hal ini karena makanan berlemak cenderung mengaktifkan pencernaan, sehingga membuat seseorang akan terjaga di malam hari karena merasa tidak nyaman.

Selain itu, makan gorengan juga bisa menyebabkan perut terasa kembung dan tidak nyaman yang bisa mengganggu kualitas tidur.

 

2. Sambal pedas

Alasan untuk menghindari makanan pedas sebelum tidur ada dua. Pertama, jenis makanan ini rentan mengiritasi lambung dan menyebabkan mulas, membuat Anda jadi sulit tidur. Sementara yang kedua, makanan pedas juga dapat memperburuk gejala asam lambung.

 

3. Cokelat

Satu ons cokelat mengandung sekitar 23 miligram kafein, yang merupakan seperempat dari jumlah dalam secangkir kopi. Kandungan kafein yang terdapat pada cokelat bisa menyebabkan masalah tidur pada beberapa orang dan membuat tubuh terjaga lebih lama.

 

4. Makanan yang diawetkan atau mengandung banyak garam 

Makanan yang mengandung banyak garam dapat membuat kita merasa haus dan mengganggu kualitas tidur. Selain itu, makanan yang diawetkan juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

 

5. Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat memang sangat bagus untuk pencernaan. Namun yang perlu diperhatikan adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsinya, sebab makanan yang tinggi kandungan serat akan lama dicerna di dalam tubuh.

 

Sayuran seperti brokoli dan kembang kol maupun buah seperti alpukat dan pisang, merupakan contoh makanan yang mengandung tinggi serat dan lambat untuk dicerna. Mengonsumsi makanan tersebut sebelum tidur hanya akan membuat organ pencernaan kamu bekerja keras pada malam hari dan bisa mengganggu siklus tubuhmu.

 

6. Makanan dengan indeks glikemik tinggi

Selanjutnya ada makanan dengan kandungan indeks glikemik tinggi (GI) yang dapat mengganggu kualitas tidur. Makanan ini termasuk karbohidrat olahan, seperti roti, permen, serta makanan dengan gula tambahan yang tinggi.

Makanan dengan GI tinggi menyebabkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah yang signifikan. Hal ini memicu tubuh untuk melepaskan berbagai hormon yang dapat menyebabkan gejala kecemasan. Oleh karena itu mengonsumsi makanan tinggi gula sebelum tidur dapat menyebabkan insomnia dan kesulitan tidur.

 

 

Itulah deretan makanan yang dianjurkan untuk dihindari jelang tidur supaya tidak merusak kualitas tidurmu. Semoga bermanfaat 


Author

img-author

Sinta Guslia

8 bulan yang lalu