Home / Rubrik / Berita

Mengapa Badan Terasa Nyeri dan Ngilu Saat Musim Hujan

gambar-headline
Indonesia Post Views: 105

Memasuki bulan Desember ini musim hujan sudah mulai kembali, di mana kita akan sering menghadapi aktivitas-aktivitas yang mungkin bisa membuat basah, karena terkena hujan yang turun secara tiba-tiba. Di musim hujan kita lebih mudah terserang berbagai penyakit dan juga badan kita lebih mudah merasa gampang merasa nyeri dan ngilu. 

 

Tidak sedikit di antara kita, saat musim hujan mudah terkena masuk angin yaitu kondisi badan merasa tidak enak yang biasa terjadi usai terkena hujan ataupun kedinginan. Dalam dunia kedokteran biasa disebut juga flu atau common cold. 

 

Penyebab yang membuat badan merasa nyeri dan ngilu ketika musim hujan ialah karena daya tahan tubuh kita mudah menurun terlebih ketika musim hujan tiba. 

 

Pada musim hujan udara menjadi lebih dingin dari biasanya. Intensitas sinar matahari yang berperan untuk proses sintesis vitamin D dalam tubuh juga menurun. Vitamin D ialah nutrisi yang berguna demi menjaga daya tahan tubuh kita. Apabila daya tahan tubuh menurun seseorang akan mudah terserang penyakit termasuk masuk angin, mudah merasa nyeri dan ngilu. 

 

Nyeri dan ngilu sendiri termasuk kepada gejala dari masuk angin yang diantaranya pusing mual pegal linu demam hidung tersumbat dan lain sebagainya. Faktor suhu udara yang dingin dan juga kelelahan cenderung memperburuk kondisi yang tubuh kita rasakan.

 

Kita bisa mengatasi kondisi tubuh agar selalu sehat pada saat musim hujan, dengan cara mengkonsumsi minuman dan makanan yang hangat, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, beristirahat yang cukup, memakai pakaian yang nyaman dan tidak terlalu panas agar menjaga suhu tubuh supaya selalu stabil. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

2 bulan yang lalu