Home / Rubrik / Berita

Anjuran Rasulullah untuk Tutup Pintu Serta Jendela Jelang Maghrib

gambar-headline
Nasional Post Views: 4995

Waktu maghrib merupakan waktu pergantian antara siang dan malam. Disaat maghrib tiba, orang tua biasanya akan menyuruh anak-anaknya berhenti bermain dan pulang. Tidak hanya itu, para orang tua pun akan menutup pintu rumah dan jendela supaya terhindar dari gangguan setan.

Namun kebiasaan menyuruh anak pulang dan menutup rumah serta jendela ketika magrib bukan hanya kebiasaan semata. Kebiasaan ini menjadi salah satu perintah Rasulullah SAW kepada umatnya. 

 

Terdapat hadits dari sahabat Jabir radhiallahu’anhu, bahwa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Jika malam datang menjelang, atau kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian (di rumah), karena ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka biarkan mereka (jika ingin keluar). Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula wadah minuman dan makanan kalian dan berzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian” (HR. Bukhari 3280, Muslim 2012).

 

Pada waktu magrib setan bersamaan dengan datangnya kegelapan mulai menyebar mencari tempat tinggal karena mereka tersebar dengan pemandangan luar biasa dan jumlahnya tidak ada yang tahu selain Allah subhanahu wa ta'ala.

 

Untuk itu, mari kita lakukan kebiasaan ini, agar terhindar dari gangguan setan.


Author

img-author

Sinta Guslia

7 bulan yang lalu