Home / Rubrik / Berita

Sejarah Istana Alhambra Serta Kejayaan Islam Di Spanyol

gambar-headline
Indonesia Post Views: 6954

Sebagai Agama Rahmatan Lil Alamin tentunya di masa kejayaan kekhalifahan islam , islam melakukan berbagai cara untuk mengajak lebih banyak manusia ke jalan yang benar ,Salah satunya dengan cara ekspansi wilayah. Kebudayaan Islam masuk ke Eropa melalui tiga jalan. Yaitu penguasaan umat Islam atas Spanyol, penguasaan umat Islam atas Sisilia, dan melalui tragedi perang Salib yang membawa dampak positif yang signifikan bagi bangsa Barat. Melalui ketiga jalan inilah kebudayaan Arab masuk ke Eropa dan bahkan diadopsi oleh bangsa yang dikuasai. Masuknya Islam ke Spanyol diawali oleh tiga pahlwan, mereka yaitu Tharif, Thariq dan Musa, yang melakukan ekspansi dengan melakukan penyeberangan melalui selat diantara Maroko dan Eropa. 

 

Salah satu bukti masuknya islam ke Eropa adalah Istana Alhambra, istana ini merupakan saksi bisu kejayaan serta keruntuhan islam di Andalusia. Istana Alhambra ini dibangun pada masa kejayaan serta pusat kekuasaan Bani Ahmar pada tahun 1232 M. Karena dindingnya yang berwarna kemerahan istana seluas 14 Hektar ini dinamakan Alhambra, Dalam bahasa Arab, bangunan ini disebut “qa’lat al-Hamra” atau Istana Merah.

 

Istana Ini terletak di Bukit Lasabica, Kota Granada Spanyol.Antara tahun 1238-1492, Alhambra menjadi pusat pemerintahan Emirat Granada. Di dalamnya terdapat pangkalan militer para pengawal kerajaan, istana untuk sultan dan kerabatnya, serta tempat para pejabat istana. Ketika Emirat Granada ditaklukkan oleh Raja Ferdinand dari Aragon dan Ratu Isabella dari Kastilia, yang menyatukan Spanyol di bawah monarki Katolik, fungsi Istana Alhambra ikut berubah. Atas perintah Raja Charles V, beberapa bangunan di kompleks Alhambra dihancurkan kemudian dibangun istana bergaya Renaisans.

 

Keruntuhan Kejayaan Islam Di Spanyol sendiri di akibatkan oleh beberapa hal, seperti konflik penguasa Islam dengan penguasa Kristen, tidak adanya ideologi pemersatu, karena kesulitan ekonomi, tidak jelasnya sistem peralihan kekuasaan dan karena letaknya yang terpencil dari wilayah dunia Islam yang lain. Kini Bangunan yang tadinya merupakan pusat kejayaan islam ini menjadi bangunan tak berpenghuni, sejak tahun 1984 Istana Al-Hambra di resmikan menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO, jika anda berkesempatan bertandang ke Spanyol Alhambra dapat anda jadikan salahsatu bucketlist sebagai salah satu situs kejayaan islam yang patut anda kunjungi.

 

Source : Alhambra.org , kompas , kumparan


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

8 bulan yang lalu