Home / Rubrik / Berita

Beberapa Kebiasaan yang Membuat Anda Sulit Menjadi Kaya

gambar-headline
Indonesia Post Views: 260

Sebagai seorang Muslim tentunya kita mempunyai cita-cita menjadi orang kaya, karena dengan harta yang cukup kita dapat menunaikan zakat untuk berdayakan umat, dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

 

Namun tidak sedikit orang yang mempunyai kebiasaan buruk yang membuat mereka susah untuk menjadi kaya. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa membuat seseorang sulit untuk menjadi kaya. 

 

1. Salah Bergaul 

Menurut studi yang dilaksanakan oleh ekonom di Harvard menyatakan bahwa teman dan lingkungan pergaulan dapat mempengaruhi masa depan seseorang. Oleh sebab itu kita harus selektif dalam memilih dengan siapa kita bergaul dan menjalin sebuah hubungan. 

 

Daripada bergaul dengan orang yang merugikan atau toxic bertemanlah dengan mereka yang mempunyai sikap dan sifat yang optimis, saling mendukung dan memotivasi.

 

2. Malas

Sifat malas pasti tidak akan menghasilkan sesuatu hal yang baik. Apabila kita mau mencapai sesuatu maka harus mau bekerja dan berusaha keras. Apabila kita malas, kita tidak akan menemukan kesuksesan yang dapat membuat kita menjadi kaya.

 

3. Mengikuti Gaya Hidup Orang Lain yang Tidak Sesuai

Sebaiknya kita memiliki gaya hidup yang sesuai dengan keuangan kita. Jangan sampai memaksakan diri untuk mengikuti gaya hidup orang lain. Sebab hal tersebut hanya membuat kondisi keuangan kita semakin memburuk. 

 

4. Berpikir Negatif

Orang yang sukses ialah orang yang dapat melihat sisi positif dalam kondisi yang negatif. Hal tersebut menunjukkan bahwa kita adalah orang yang optimis dan selalu ingin berusaha. Biasanya orang yang mempunyai pikiran negatif akan sulit untuk mencoba hal yang baru, sebab yang dipikirkannya hanyalah risiko terburuknya saja. Sehingga mereka tidak berani untuk melangkah maju dan hal tersebutlah yang menghambat kita menjadi orang kaya. 

 

5. Tidak Sadar Akan Pengeluaran Kecil

Kita mungkin pernah berpikir Ketika menghabiskan uang Rp15.000 setiap hari untuk secangkir kopi di coffee shop Tidak berpengaruh pada keuangan kita. Belum lagi apabila kita membeli kopi tersebut lebih dari satu kali dalam sehari. Nah, kebiasaan kecil inilah yang membuat kita sulit menjadi orang kaya. Oleh karena itu mulailah perhatikan kebutuhan dan berusaha untuk menahan diri dalam membeli hal-hal kecil yang sesungguhnya memang tidak perlu untuk dibeli. 

 

6. Berlarut-larut dalam Meratapi Kegagalan

Pengusaha sukses di luar sana menjadikan kegagalan sebagai lencana penghormatan. Akan tetapi hal tersebut tidak berarti mereka menikmati atau mau gagal. Kegagalan dalam berbisnis dan kehilangan hampir segalanya ialah hal yang menyakitkan. Namun kita tidak boleh terus-terusan atau berlarut-larut meratapi kegagalan tersebut, jadikan pelajaran dan ambil resiko. Apabila kita gagal maka kita bisa belajar dari kesalahan tersebut dan memperbaikinya serta melanjutkan hidup kita. 

 

Itulah beberapa kebiasaan yang mempengaruhi kita menjadi sulit kaya. Sebaiknya kita selalu menghindari beberapa kebiasaan buruk tersebut, agar kita mendapatkan hidup yang lebih baik dan mencapai kaya versi kita.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

8 bulan yang lalu