Home / Rubrik / Berita

Direktur Utama Rumah Yatim Hadiri Rakornas Baznas 2023, Dalam Tajuk Optimalisasi Pengelolaan Zakat Untuk Pengentasan Kemiskinan

gambar-headline
Jakarta Utara Post Views: 30

Pada Rabu-Kamis, (15-16/11/23) Nugroho Bejo Wismono selaku Direktur Utama Rumah Yatim hadiri Rapat Koordinasi Nasional Lembaga Amil Zakat (RAKORNAS LAZ) yang dilaksanakan di Discovery Hotel yang beralamat di Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

 

Acara ini dihadiri oleh LAZ Nasional, LAZ Provinsi, dan LAZ Kabupaten/Kota. BAZNAS sendiri memiliki peran dalam melaksanakan pengelolaan zakat secara nasional dan bertanggungjawab kepada Presiden melalui Menteri Agama RI. Dalam menjalankan tugas, BAZNAS dibantu oleh LAZ yang dibentuk oleh masyarakat dalam melaksanakan pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat.

 

BAZNAS RI menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Lembaga Amil Zakat (RAKORNAS LAZ) yaitu dalam rangka meningkatkan dan memperkuat pengelolaan zakat secara nasional.

 

Adapun rangkaian acara di hari pertama (15/11/23) yaitu dimulai dengan registrasi, pembukaan, lalu sambutan dari Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA sebagai Ketua BAZNAS RI, arahan dan pembukaan RAKORNAS LAZ oleh Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama RI, kemudian pembacaan doa oleh Ali Hasan Al-Bahar Lc., MA dari LAZISNU. Dilanjut dengan konferensi pers dan pembahasan Optimalisasi Kelembagaan Pengelola Zakat dengan Prinsip 3A (Aman Syar'i, Aman Regulasi dan Aman NKRI) oleh Kol (Purn) Nur Chamdani, Dr. ST. Burhanuddin, SH., MH (Kejaksaan Agung), KH Anwar Iskandar (Ketua MUI), Dr. Nurul Ghufron, S.H., M.H. (Wakil Ketua KPK), Komjen Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si (Kepala BNPT).

 

Kemudian pembahasan materi mengenai Peranan Masyarakat dalam Pengelolaan Zakat oleh Narasumber yaitu Prof. Dr. Waryono Abdul Ghafur selaku Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf dengan didampingi oleh Moderator yaitu Arifin Purwakananta selaku Deputi I BAZNAS RI.

 

Di malam hari dilaksanakan Gala Dinner dan sharing program BAZNAS dan LAZ mengenai Tantangan Pengumpulan Zakat dan Pengentasan Kemiskinan Ekstrem.

 

Kemudian di hari kedua (16/11/23) dilaksanakan Sesi LSP dan Pusdiklat dan SiMBA, lalu Pembacaan Resolusi Rakornas oleh Prof. Dr. Muhadjir Effendi dari Kemenko PMK. 

 

Rangkaian acara Rapat Koordinasi Nasional Lembaga Amil Zakat terlaksana dengan lancar, semoga dengan dilaksanakannya acara ini dapat berdampak baik dan LAZ Nasional, LAZ Provinsi, dan LAZ Kabupaten/Kota bisa meningkatkan dan memperkuat pengelolaan zakat secara nasional.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

4 bulan yang lalu