Home / Rubrik / Berita

Karakter Bani Israil Yang Disebut Dalam Al-Qur'an

gambar-headline
Indonesia Post Views: 4806

Bani Israil adalah bangsa yang memiliki sifat dan tabiat nya dijelaskan dengan detail. Dalam Al-Qur'an telah dikatakan sifat Bani Israil dan sebaiknya kita hindari agar tidak dibenci oleh Allah SWT.

 

Allah SWT Sesungguhnya telah memberikan nikmat yang begitu banyak kepada Bani Israil Bani Israil telah dibebaskan dari kezaliman Firaun kemudian diberikan kehidupan yang sejahtera serta mempunyai kitab suci dan seorang rasul dari kalangan mereka.

 

Akan tetapi Bani Israil tidak bersyukur malah justru melewati batas sehingga Allah SWT mengutuk Bani Israil. Kutukan Allah SWT terhadap kaum Bani Israil terdapat dalam surat Ali Imron ayat ke 122, yang mana Allah SWT berfirman yang artinya.

 

“Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia, dan mereka kembali mendapat kemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan. Yang demikian itu karena mereka kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa alasan yang benar. Yang demikian itu disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas.”

 

Berikut karakter Bani Israil yang disebutkan dalam Al-Quran.

 

1. Munafik

Sifat yang paling menjadi karakter dari Bani Israil yaitu sifat munafik. Kaum Bani Israil suka ingkar terhadap janjinya, berpura-pura dan fasik. Ketika bersama seorang mukmin mereka mengaku sudah beriman, akan tetapi saat kembali ke golongannya mereka berperilaku ingkar. Hal tersebut tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 76 Allah SWT berfirman yang artinya 

 

“Dan Apabila mereka berjumpa dengan orang-orang beriman, mereka berkata, ‘Kami telah beriman’. Tepai ketika kembali kepada sesamanya, mereka berkata ‘Apakah akan kamu ceritakan kepada mereka apa yang telah diterangkan Allah kepadamu sehingga mereka dapat menyanggah kamu di hadapan tuhanmu? Tidakkah kamu mengerti?”.

 

2. Selalu Membuat Kerusakan

Al-Quran mendeskripsikan Bani Israil sebagai kaum yang suka membuat kerusakan di muka bumi. Kaum Bani Israil akan membuat kerusakan di bumi yang mereka tempati (Masjidil Aqsa) sebanyak dua kali dan kemudian melakukan penindasan terhadap manusia dengan penuh kedzaliman. Sifat biadab Bani Israil dijelaskan secara rinci dalam Surat Al Isra ayat 4-7.

 

"Dan Kami tetapkan terhadap Bani Israil dalam Kitab itu, ‘Kamu pasti akan berbuat kerusakan di bumi ini dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar.’. Maka apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang pertama dari kedua (kejahatan) itu, Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami yang perkasa, lalu mereka merajalela di kampung-kampung. Dan itulah ketetapan yang pasti terlaksana. Kemudian Kami berikan kepadamu giliran untuk mengalahkan mereka, Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak dan Kami jadikan kamu kelompok yang lebih besar.Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. Apabila datang saat hukuman (kejahatan) yang kedua, (Kami bangkitkan musuhmu) untuk menyuramkan wajahmu lalu mereka masuk ke dalam masjid (Masjidil Aqsa), sebagaimana ketika mereka memasukinya pertama kali dan mereka membinasakan apa saja yang mereka kuasai.”

 

3. Pengecut

Karakteristik Bani Israil yang berikutnya adalah pengecut, seperti yang disebutkan dalam Al Quran Surat Al Maidah ayat 22. Suatu waktu Nabi Musa AS mengajak umatnya untuk melakukan jihad di jalan Allah SWT untuk mengusir pemimpin yang otoriter di Baitul Maqdis (Palestina). Akan tetapi, mereka menolak melakukan hal tersebut karena takut.

 

“Mereka berkata, "Wahai Musa! Sesungguhnya di dalam negeri itu ada orang-orang yang sangat kuat dan kejam, kami tidak akan memasukinya sebelum mereka keluar darinya. Jika mereka keluar dari sana, niscaya kami akan masuk."

 

Penolakkan Bani Israil untuk taat pada Nabi Musa juga dijelaskan dalam surat Al Maidah ayat 24 yang artinya, 

 

"Wahai Musa! Sampai kapan pun kami tidak akan memasukinya selama mereka masih ada di dalamnya, karena itu pergilah engkau bersama Tuhanmu, dan berperanglah kamu berdua. Biarlah kami tetap (menanti) di sini saja."

 

Itulah beberapa ayat yang menunjukkan karakteristik Bani Israil yang tertulis dalam Al-Quran. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dan menjadikan pembelajaran untuk kita semua agar terhindar dari sifat-sifat maupun karakteristik Bani Israil yang dibenci Allah SWT. 

 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

4 bulan yang lalu