Home / Rubrik / Berita

Ingin Hidup Bahagia ? Yuk Terapkan Beberapa Langkah Berikut ini

gambar-headline
Nasional Post Views: 162

Hidup bahagia tentu menjadi keinginan semua orang. Namun, terkadang kita juga lupa untuk mengukur standar kebahagiaan yang dianugerahkan kepada kita dengan ekspektasi yang tinggi. 

Bukankah pencapaian kebahagiaan seseorang memiliki ukuran yang berbeda? Lalu bagaimana langkah agar kita selalu bahagia dalam menjalani kehidupan?

 

Menurut Islam sendiri terdapat 5 cara untuk mendapatkan kebahagiaan baik itu di dunia maupun di akhirat, yaitu dengan selalu bersabar, bersyukur dengan apa yang Allah SWT berikan, ikhlas, ridha, serta tawakal menerima semua ujian yang dihadapi. Belajar mensyukuri apa yang kita miliki menjadi sumber kebahagiaan yang terkadang kita lupakan.

Selain itu terdapat beberapa langkah penting yang harus kita lakukan untuk merasakan kebahagiaan dari dalam diri kita yaitu:

 

1. Berbaik sangka (Husnudzon) kepada Allah

Husnudzon atau berbaik sangka kepada Allah adalah salah satu sifat “wajib” yang harus dimiliki oleh setiap orang mukmin. Sebab, hal tersebut merupakan perintah agama yang sekaligus menjadi konsekuensi logis dari keimanan kita kepada nya. Semakin kuat iman seorang mukmin, maka semakin tinggi pula husnudzon nya kepada Allah SWT.

Ada banyak keutamaan berbaik sangka kepada Allah SWT, salah satunya mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup. Dari Anas ra. sesungguhnya Nabi saw. masuk untuk menemui seorang pemuda yang sedang sakaratul maut, maka Rasulullah ﷺ. bersabda:

Bagaimana keadaanmu? Pemuda itu berkata, “Ya Rasulullah .! aku mengharapkan rahmat Allah SWT dan aku sangat takut akan dosa-dosaku.” Kemudian Rasulullah bersabda:

“Tidaklah takut dan roja berkumpul dalam hati seorang hamba dalam keadaan seperti ini kecuali Allah SWT akan memberikan kepadanya apa-apa yang diharapkannya, dan akan memberikan keamanan kepadanya dari perkara yang ditakutinya.” (HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Majah, al-Mundziri berkata, “Hadits ini sananya hasan”).

 

2. Perbanyak Sedekah 

Ternyata sedekah adalah suatu langkah dari hidup bahagia di dunia maupun di akhirat. Dengan bersedekah, maka hidup kita akan jauh lebih berkah dan lapang. Sebagaimana janji Allah SWT:

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan”.(Q.S. Al Baqarah: 245)

 

Sedekah sendiri merupakan amalan yang sangat disenangi oleh Allah Ta’ala. Bahkan, dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah ﷺ bersabda mengenai keutamaan sedekah bisa menjaga diri dari api neraka.

“Jaga lah diri kali dari neraka sekalipun hanya sedekah setengah biji kurma. Barang siapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkan lah perkataan yang baik.”

 

3. Mencintai diri sendiri

Belajar mencintai dan menghargai diri sendiri adalah suatu hal yang penting. Dengan menerima segala kelebihan dan kekurangan dalam diri akan membuat diri menjadi lebih sudah bisa mencintai dan membuat diri kita bahagia maka bersyukur dan membuat diri menjadi lebih positif. Saat kita kita dapat membuat orang lain menjadi bahagia.

 

4.  Tidak membenci

Saat kita membenci seseorang menjadi hal yang sangat melelahkan. Ada baiknya olah emosi dan kendalikan diri kita dengan melakukan kegiatan produktif dan positif sehingga dapat lebih menyenangkan dan membuat kita berkembang.

 

5. Mudah memaafkan

Jika kita mendapatkan celaan dari orang lain ada baiknya untuk mengalah dan memaafkan tanpa perlu membalas mencelanya. Belajar untuk memaafkan tidak ada salahnya agar hidup yang kita jalani penuh dengan ketenangan serta kebahagiaan.

 

6. Tidak mengeluh

Saat keinginan yang kita harapkan tak sesuai terkadang rasa mengeluh akan muncul. Ada baiknya untuk merubah sifat tersebut dengan rasa syukur, karena masih banyak nikmat dan hal baik lainnya yang dianugerahkan Allah SWT kepada kita.

 

7. Jauhi sifat iri hati dan dengki

Rasa iri dan dengki dapat membawa kita kepada kehidupan yang kotor dan selalu menilai buruk pada orang lain. Selain dapat menimbulkan stres, hal ini juga mampu mengeraskan hati. Maka, kita dapat memulai untuk meninggalkan sifat ini.

 

8. Mudah tersenyum

Dengan tersenyum kita dapat menebarkan aura positif bagi orang sekitar. Tak peduli seberapa berat beban dan rintangan yang sedang dilalui, namun dengan tersenyum mampu hadirkan ketenangan dan semua masalah terasa lebih ringan.

 

Nah, itulah beberapa langkah untuk mendapatkan kebahagiaan dalam Islam. Yuk terapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Author

img-author

Sinta Guslia

6 bulan yang lalu