Home / Rubrik / Berita

Kembali Dampingi Giat Kemanusiaan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Dirut Rumah Yatim Berikan Bantuan Kepada Penderita Cerebral Palsy

gambar-headline
Bandung Post Views: 10

Di Indonesia, berdasarkan Susenas (BPS) RI tahun 2012 lalu, tercatat sebanyak 532.130 anak menderita cerebral palsy atau sekitar 0,6% dari jumlah seluruh anak. Hasil survei Riskesdas yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan, prevalensi anak dengan cerebral palsy di Indonesia memiliki jumlah besar yaitu 9 kasus dalam setiap 1000 kelahiran, Cerebral palsy merupakan salah satu masalah neurologi anak. Cerebral palsy adalah kelainan gerakan, tonus otot, ataupun postur yang disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada otak yang belum matang dan berkembang, paling sering sebelum kelahiran yang disebabkan oleh perkembangan otak yang tidak normal, sering kali sebelum lahir.

Pada kesempatan kali ini penerima manfaat dari sinergi antara Gubernur Jawa Barat beserta Laznas Rumah Yatim Adalah Aufa Ramadhania (5 tahun 7 bulan) yang merupakan anak ke 4 dari ibu Susan (43 tahun) dan Bapak Adi (45 tahun) aufa sendiri memiliki saudari kembar Adifa Ramadhania berbeda dengan aufa, saudarinya dapat tumbuh dengan normal. keluarga Aufa adalah keluarga yang kurang mampu sang ayah merupakan seorang penjual tahu keliling, dengan total penghasilan Rp.90.000,-setiap harinya, yang mana dari uang tersebut sebagian disisihkan untuk modal berjualan kembali di kemudian hari dan biaya hidup, tentunya tak ada anggaran bagi orangtua Aufa untuk melanjutkan pengobatan putri kecilnya. 
Awal mula keluhan terjadi pada saat usia 6 bulan aufa mengalami kejang kejang dan mengalami keterlambatan tumbuh kembang sampai saat ini. Aufa tidak bisa beraktifitas bahkan dan hanya terbaring di tempat tidur, bagian leher dan kepalanya tidak bisa berdiri tegak dan belum bisa berbicara. 
Dari hasil pemeriksaan di RSHS selama 5 tahun ini sejak usia Aufa 1 tahun di diagnosa cerebral palsy, sementara kembarannya adifa Alhamdulillah kondisi nya sehat dan tidak ada kelainan dalam pertumbuhannya. Aufa saat ini sedang menjalani perawatan jalan di RSHS  untuk melakukan fisioterapi motorik dan terapi bicara, semua biaya pengobatan BPJS PBI
Untuk menunjang aktifitasnya Ridwan Kamil dan Rumah Yatim memberikan kursi roda khusus cerebral palsy beserta santunan tunai untuk biaya obat kejang, diapers dan kebutuhan Aufa lain nya.

Ayo terus dukung aksi kemanusiaan kami dengan klik tombol donasi dibawah, pilih akad yang sesuai dengan kebutuhan anda, lalu wujudkan ratusan masyarakat iskin di indonesia untuk mendapatkan kehidupan yang layak.


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

3 hari yang lalu