Home / Rubrik / Berita

Rumah Yatim Jabodetabek Beri Bantuan untuk Pembangunan SD Subulussalam Guna Kenyamanan Belajar Siswa

gambar-headline
Banten Post Views: 14

Pada Sabtu, (26/08/23) Rumah Yatim regional Jabodetabek telah menyerahkan bantuan untuk pembangunan sarana dan prasarana SD Subulussalam. 

 

Tim relawan Rumah Yatim regional Jabodetabek mengunjungi secara langsung demi memberikan bantuan sarana prasarana kepada SD Subulussalam yang beralamat di Desa Bejod, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten.

 

Bantuan untuk pembangunan sarana prasarana diberikan secara simbolis dari tim relawan rumah yatim regional Jabodetabek kepada siswa SD Subulussalam. 

 

SD Subulussalam telah berdiri 7 tahun, merupakan kelas jarak jauh (fililal) bangunan sekolah tidak berdinding dan berlantai tanah ini ialah bangunan satu-satunya sarana pendidikan yang lokasinya paling dekat dari tempat tinggal para siswa.

 

Faktor tingginya angka anak yang tidak melanjutkan sekolah sebab alasan ekonomi tidaklah beralasan karena program pemerintah yaitu wajib belajar 12 tahun dengan tanpa biaya. 

 

Tetapi tidak untuk anak yang berada di perkampungan pelosok Kabupaten Lebak Banten mereka terhambat dengan jarak dan infrastruktur yang belum mendukung. Jadi anak-anak kesulitan untuk meneruskan sekolah, sebab jaraknya yang jauh dari tempat tinggal mereka.

 

Sebagai upaya untuk mempermudah dan memfasilitasi anak agar terus bersekolah tokoh masyarakat berinisiatif untuk membangun sekolah kelas jauh atau filial dengan harapan anak-anak terus bisa memperoleh haknya dalam bersekolah dan mampu menggapai cita-cita bagi masa depan mereka. 

 

Kendala yang dialami pengurus ialah mengenai ketersediaan bangunan yang layak sebab bangunan yang terdapat saat ini sangatlah kurang layak sudah berdiri 7 tahun tetapi pembangunan fisik sulit untuk direalisasikan. 

 

Dilihat dari sekilas bangunan ini tampak tidak seperti bangunan sekolah karena tidak adanya dinding dan ruang kelas serta tidak adanya meja atau bangku kelas bahkan lantainya juga masih berbentuk tanah dan untuk para siswa melaksanakan belajar hanya beralaskan karpet atau tikar bekas tanpa kursi dan meja. 

 

SD disini terdiri dari siswa dari mayoritas kalangan keluarga pra sejahtera. Kondisi sangat memperhatikan terlebih lagi pada saat cuaca hujan ruang kelas mereka menjadi becek berlumpur bahkan banjir. 

 

Para siswa berharap bisa mempunyai bangunan sekolah yang layak seperti sekolah pada umumnya supaya mereka dapat belajar dengan tenang dan nyaman. Oleh sebab itu Rumah Yatim berinisiatif untuk membantu membangun SD Subulussalam agar bisa mewujudkan harapan para siswa tersebut.

 

Para siswa sangat bahagia ketika mendengar kabar akan ada pembangunan untuk sekolah mereka, semoga pembangunan ini cepat terselesaikan dan membuat para siswa semakin semangat dalam menuntut ilmu. 

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

7 bulan yang lalu