Home / Rubrik / Berita

Beberapa Kewajiban Seorang Anak Saat Orangtuanya Sudah Meninggal

gambar-headline
Indonesia Post Views: 13827

Umur seseorang tidak ada yang tahu dan tidak ada yang kekal di dunia ini sama seperti dengan orang tua kita, tentunya orang tua yang selalu berada di dekat kita suatu hari nanti akan meninggalkan kita di dunia ini. 

 

Oleh sebab itu manfaatkan waktu sebaik mungkin bersama kedua orang tua kita selagi masih hidup dan juga pada saat mereka sudah meninggal dunia. Tetapi seringkali tidak sedikit orang yang belum paham mengenai kewajiban anak kepada orang tua yang telah meninggal dunia. 

 

Kita sebagai anak harus berbakti kepada kedua orang tua baik itu di dunia maupun yang telah meninggal dunia agar kedua orang tua kita selalu dilindungi oleh sang pencipta dan diampuni segala dosa-dosanya. Bukan hanya melalui doa yang kita panjatkan tetapi cara berbakti kita pun bisa dengan berbagai cara. 

 

Berikut ini merupakan beberapa kewajiban anak terhadap orang tua yang sudah meninggal dunia. 

 

1. Mendoakan orangtua

Salah satu kewajiban yang harus kita lakukan sebagai seorang anak ialah mendoakan kedua orang tua baik masih hidup ataupun telah meninggal dunia, kita dapat memohon kepada Allah SWT untuk menempatkan kedua orang kita di tempat yang terbaik.

 

Hal ini bisa dikatakan salah satu bentuk bakti anak kepada orang tuanya doa yang dipanjatkan oleh anak akan terus menemani orang tua meskipun kondisinya telah meninggal dunia begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu sebaiknya selalu mendoakan kedua orangtua sebagai bentuk bakti kita kepada mereka. 

 

2. Menjaga silaturahmi dengan kerabat atau teman dekat orangtua

Kewajiban berikutnya ialah dengan menjaga silaturahmi dengan kerabat atau teman dekat orang tua kita bisa dengan berkunjung ke rumahnya hal tersebut dapat membuat tali persaudaraan tetap baik meskipun orang tua telah meninggal dunia. 

 

Selain dari itu membuat nama kedua orang tua juga bisa baik di mata teman atau kerabat orang tua kita karena kita sebagai anak selalu menyempatkan diri untuk berkunjung demi menjaga silaturahmi. 

 

3. Bersedekah dengan nama orangtua

Kegiatan bersedekah ialah salah satu amal untuk tabungan di akhirat nanti. Oleh karena itu sebagai umat manusia sudah sepatutnya untuk saling memberi dan membantu kepada satu sama lain, walaupun orang tua sudah meninggal dunia sebaiknya anak mempunyai kewajiban untuk bersedekah atas nama orang tua.

 

Dengan melakukan sedekah terhadap orang lain pasti akan membuat mereka dan diri kita pribadi merasa lebih bahagia. Bersedekah juga bisa menumbuhkan kebaikan dan pahala untuk kita di masa depan dan akhirnya rezeki juga menjadi lebih lancar, sebab apabila sering bersedekah rezeki pun akan mudah didapat. Dengan bersedekah juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. 

 

4. Melunasi hutang orangtua

Sebaiknya segera lunasi hutang-hutang yang pernah dilakukan oleh orang tua kita semasa hidup. Hal tersebut merupakan kewajiban kita sebagai anak kepada orang tua untuk melapangkan jalannya ke akhirat. 

 

Apabila orang tua memiliki hutang lalu meninggal dunia, hutang tersebut akan dilimpahkan kepada anaknya. Dengan adanya hutang yang belum lunas membuat jalan orang tua semakin berat dan terhambat. Oleh karena itu sebaiknya segera lunasi hutang orang tua supaya jalan mereka menjadi lancar dan dimudahkan. 

 

5. Menjaga nama baik orangtua

Kewajiban anak apabila orangtuanya telah meninggal dunia ialah dengan menjaga nama baiknya. 

 

Cara menjaga nama baik orang tua yang sudah meninggal dunia ialah dengan tetap merahasiakan aib dan tidak menjelek-jelekkan orang tua kita di depan orang lain, kemudian usahakan jangan sampai muncul fitnah pada orang tua yang telah meninggal dunia.

 

Itulah beberapa kewajiban anak terhadap orang tua yang sudah meninggal dunia. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan membantu siapa saja yang telah ditinggalkan oleh orangtuanya. Sehingga dapat terus berbakti kepada orangtua yang sudah meninggal dunia. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

8 bulan yang lalu