Home / Rubrik / Berita

Makanan Yang Dapat Menjadi Pilihan Ketika Anda Mengalami Diare

gambar-headline
Indonesia Post Views: 133

Diare adalah Suatu kondisi gangguan pencernaan yang bisa membuat anda merasakan mulas dan BAB lebih sering. Pasti kondisi tersebut sangat membuat tidak nyaman bagi yang merasakannya. Oleh karena itu di sini terdapat beberapa rekomendasi makanan yang dapat dijadikan pilihan ketika mengalami diare. 

 

1. Buah-buahan

 Orang yang menderita diare biasanya disarankan untuk membatasi makanan hingga saat seperti buah-buahan tetapi bukan berarti semua buah wajib dihindari. Seperti buah-buahan yang bisa dikonsumsi selama diare ialah apel dan pisang. 

 

Apel dan pisan memiliki kandungan pektin (serat larut air) yang bisa membantu pemadatan kotoran. Bukan hanya itu, buah-buahan tersebut juga mempunyai kandungan gula dan karbohidrat yang dapat menambah stamina kita. Karena orang yang menderita diare biasanya kondisi tubuhnya merasa lemah karena meningkatnya frekuensi BAB.

 

2. Roti Tawar

Sebagai upaya untuk mencegah gejala diare yang bisa semakin parah, orang yang menderita diare tidak disarankan untuk makan makanan yang banyak bumbu. 

 

Sebab rempah yang terlalu kuat dapat mengakibatkan iritasi pada usus. Oleh karena itu sebaiknya makanan untuk yang menderita diare yaitu makanan tawar.

 

Rasa tawar pada roti tawar bisa mencegah rasa mual yang dikarenakan oleh diare. Lalu, roti lebih gampang dicerna sebab mempunyai tekstur yang halus.

 

3. Sayuran wortel

Seperti halnya buah-buahan sebagian banyak sayuran termasuk dalam makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Namun ada beberapa sayuran yang bisa dimakan bagi orang yang menderita diare, salah satunya wortel.

 

Wortel adalah sayuran yang memiliki kandungan gizi yang banyak, sehingga sangat baik bagi kesehatan sistem pencernaan. Dalam satu wortel memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk mengembalikan usus yang memburuk yang disebabkan diare. 

 

Kita bisa mengolah wortel dengan cara dikukus supaya bisa memperoleh kandungan nutrisi yang maksimal. 

 

4. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang bisa dikonsumsi ketika diare, karena dengan mengkonsumsi telur bisa membantu memperlambat pergerakan usus dan bisa menjadikan penderita diare lebih cepat sembuh.

 

Memasak telur dengan cara direbus merupakan anjuran bagi penderita diare, karena telur rebus mempunyai tekstur halus sehingga gampang dicerna. Protein yang berasal dari telur rebus juga bisa mencegah perut kembung. 

 

Itulah beberapa rekomendasi makanan yang bisa kita konsumsi ketika sedang mengalami diare dan juga bisa membuat lebih cepat pulih karena kita senantiasa menjaga dan mengatur makanan yang kita makan. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

7 bulan yang lalu