Home / Rubrik / Berita

Beberapa Jenis Tanaman yang Baunya Tidak Disukai Nyamuk

gambar-headline
Indonesia Post Views: 709

Memasuki musim penghujan biasanya nyamuk akan semakin banyak keluar dan masuk ke lingkungan rumah. Hal itu membuat rumah menjadi tidak nyaman karena banyak nyamuk yang masuk. 

 

Oleh karena itu untuk mencegah hadirnya nyamuk di rumah kita, kita bisa menyimpan tanaman yang aromanya tidak disukai nyamuk. 

 

Berikut ini terdapat jenis tanaman yang baunya tidak disukai oleh nyamuk. 

 

1. Basil

Dilansir dari Eatingwell, basil adalah tanaman yang mempunyai bau yang kuat dan khas. Tanaman ini mempunyai bau yang menyengat untuk serangga sehingga bisa disimpan di dalam rumah untuk mengusir nyamuk bahkan bisa mengusir kecoa dan lalat. 

 

Tanaman basil bisa ditanam di dalam pot berukuran kecil sampai sedang dan diposisikan di sekitar rumah sebagai upaya mengendalikan populasi nyamuk pada saat musim hujan tiba. 

 

2. Geranium

Tanaman geranium ialah Salah satu tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk sebab mempunyai aroma atau bau yang kuat hal itu juga membuat geranium sering digunakan sebagai bahan baku dalam produk wewangian, sabun sampai salep.

 

Selain ampuh untuk mengusir nyamuk, tanaman geranium mempunyai bentuk bunga yang cantik dan beraneka warna sehingga cocok dijadikan sebagai dekorasi di rumah. 

 

3. Lavender

Tanaman lavender merupakan tanaman yang dibenci nyamuk selanjutnya tanaman ini berwarna ungu dan memiliki kandungan minyak atsiri pada kuncup bunganya yang menghasilkan bau yang tidak disukai oleh nyamuk. 

 

Lavender ialah tanaman yang mampu bertahan di berbagai macam iklim, tetapi pastikan tanaman lavender memperoleh sinar matahari dan air yang cukup, supaya bisa tetap tumbuh dengan baik. 

 

4. Rosemary 

Rosemary ialah tanaman yang selain bisa dimanfaatkan untuk penyedap makanan, tanaman ini bisa untuk mengusir nyamuk serta bisa dipajang untuk dekorasi rumah. Rosemary ialah tanaman herbal yang beraroma kayu dan juga memiliki tampilan yang unik.

 

5. Serai

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur serai juga ampuh dalam upaya mengusir nyamuk. Serai mempunyai aroma yang kuat dan tidak disukai nyamuk. Kandungan yang ada dalam serai seperti sitronela mampu mengusir nyamuk dan serangga yang lainnya. Kita bisa menanamnya di dalam pot atau di taman di area rumah. 

 

Itulah beberapa jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk, terlebih lagi sebentar lagi akan memasuki musim hujan di mana populasi nyamuk semakin meningkat.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

7 bulan yang lalu