Home / Rubrik / Berita

Manfaat Bermain Sepeda Pada Pertumbuhan Motorik Anak

gambar-headline
Indonesia Post Views: 204

Terdapat banyak cara yang dapat dipraktekkan dalam melatih pertumbuhan motorik anak, salah satunya ialah dengan bermain sepeda. Selain membuat si anak senang, manfaat dari bermain sepeda ternyata dapat menjadi perangsang untuk pertumbuhan motorik kasarnya. 

 

Perlu diketahui keterampilan motorik yaitu keterampilan yang bisa terjadinya gerakan dan tugas yang kita laksanakan setiap hari. Mempelajari keterampilan ini merupakan bagian penting dari tumbuh kembang si anak. 

 

Terdapat dua jenis keterampilan motorik diantaranya ialah keterampilan motorik halus dan keterampilan motorik kasar. Pengertian keterampilan motorik halus ialah keterampilan yang dibutuhkan kontrol dan presisi tingkat tinggi serta memakai otot-otot kecil tangan atau pergelangan tangan. Contohnya menggunakan garpu sendok atau krayon. 

 

Sedangkan keterampilan motorik kasar lebih dengan memakai otot-otot besar anggota badan untuk keseimbangan, koordinasi, waktu reaksi dan juga kekuatan fisik sehingga bisa melakukan gerakan yang lebih berat contohnya berlari, berjalan dan melompat. 

 

Anak-anak biasanya akan mengembangkan atau merangsang pertumbuhan keterampilan motorik di umur tertentu. Apabila mau melatih motorik kasar si anak orang tua dapat mengajaknya melaksanakan berbagai aktivitas di luar rumah seperti bermain sepeda. 

 

Melatih keterampilan motorik kasar dibutuhkan oleh anak sejak bayi sebagai bagian dari pertumbuhannya. Kemampuan tersebut akan semakin berkembang seiring dengan bertambahnya usia. Usia 1 sampai 3 tahun adalah usia di mana keterampilan motorik kasar anak sedang dalam banyak perkembangan, sehingga membuat pertumbuhannya semakin baik. 

 

Dengan bermain sepeda bisa melatih kemampuan motorik kasar si anak agar anak tumbuh lincah dan bisa beraktivitas dengan baik. 

 

Dengan bermain sepeda si anak akan melakukan gerakan seperti mengayuh yang membuat otot paha, kaki, tangan dan tubuh si anak ikut bergerak. 

 

Oleh karena itu mengajak anak untuk bermain sepeda sangatlah baik untuk perkembangan dan pertumbuhan motorik anak serta anak menjadi aktif dan sehat. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

5 bulan yang lalu