Home / Rubrik / Berita

Cara Menikmati Hidup Sesuai Ajaran Islam

gambar-headline
Indonesia Post Views: 2187

Hidup di dunia ini hanya sementara dan semua tindakan perilaku yang dijalani di dunia ini akan dipertanggungjawabkan di akhirat nanti. Dalam Islam mengajarkan untuk menikmati hidup dengan baik dan berpedoman pada Al Qur'an dan hadis agar hidup menjadi baik. 

 

Hidup di dunia ini adalah perjalanan untuk seorang muslim menuju jannah, tempat yang akhirnya kita semua merasakan kebahagiaan. Tetapi bukan berarti kita tidak mampu bahagia dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Menikmati hidup di dunia dengan rasa bahagia ialah perasaan puas dalam situasi tertentu dan adanya berkah untuk semua situasi tersebut. 

 

Berikut ini merupakan cara menikmati hidup sesuai ajaran Islam. 

 

1. Kenali Tuhan Mu

Semua yang berada di dunia ini berasal dari Allah mulai dari makhluk hidup dan alam semesta dan seisinya. Dengan meningkatkan pengetahuan kita mengenai Allah dan sifat-sifatnya, seorang muslim bisa mulai mempunyai hubungan yang lebih erat dengan Nya. Sehingga dapat membantu seseorang menerima situasi apapun dan selalu merasa bersyukur dan dapat lebih menikmati hidup. 

 

Dengan cara mengingat Allah SWT melalui dzikir kesusahan dan masalah yang kita hadapi bisa menjadi jauh dan dipermudah, serta bisa melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda. 

 

Allah berfirman dalam surat Ar-Ra’d ayat 28 yang berbunyi:

 

 الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ

 

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

 

2. Selalu Berbuat Kebaikan

Sebaiknya kita menggunakan waktu dengan melakukan perbuatan kebaikan, sebab tindakan yang disukai oleh Allah SWT akan menuntun kita untuk mempunyai iman yang lebih kuat. 

 

Terdapat beberapa hal yang termasuk kepada perbuatan baik. Kita bisa lakukan ibadah langsung seperti melakukan shalat, puasa dan membaca Al Qur'an untuk meningkatkan amalan kita. 

 

Kita juga bisa meluangkan waktu bersama keluarga menjadi sukarelawan dalam membantu sesama manusia dan melakukan sedekah. Kita harus selalu ingat untuk menjaga niat kita karena Allah. Insya Allah kita akan diberikan pahala yang berlimpah.

 

Dikisahkan oleh Umar bin Al-Khattab, dia mendengar Rasulullah SAW berkata: “Pahala perbuatan tergantung pada niat dan setiap orang akan mendapatkan pahala sesuai dengan yang diinginkannya. Jadi siapa pun yang hijrahnya untuk keuntungan duniawi atau untuk dinikahi wanita, maka hijrahnya kepada apa yang ia tuju,” (Sahih al-Bukhari).

 

3. Bertaubat dan Cari Pengampunan

Kesedihan kita terkadang berasal dari pikiran masa lalu kita semua melaksanakan hal-hal yang tidak kita banggakan dan seringkali hal tersebut bisa menghantui kita. Pertama kita jangan mengingat kejadian itu lagi sebaliknya kita harus melakukan kegiatan untuk menikmati hidup dengan berdoa, bertaubat dan meminta ampunan dari Allah SWT. Meminta pengampunan dan bertaubat pada Allah ialah cara untuk menebus atau memperbaiki dosa dan kesalahan di masa lampau. 

 

Diriwayatkan Abdullah ibn Umar, kami menghitung Rasulullah SAW akan mengatakan seratus kali selama pertemuan: “Tuhanku, maafkan aku dan maafkan aku; Engkau adalah Yang Maha Pengampun dan Pemaaf,” (Sunan Abi Dawud 1516).

 

4. Selalu Bersyukur

Cara menikmati hidup yang dianjurkan ialah dengan selalu merasa bersyukur. Kehidupan di dunia akan lebih terasa bahagia apabila kita banyak bersyukur, seperti firman Allah SWT:

 

Artinya: ” Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(Q.S. Ibrahim: 7).

 

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk lebih menikmati hidup sesuai ajaran Islam. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

6 bulan yang lalu