Home / Rubrik / Berita

Manfaat Taekwondo Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

gambar-headline
Sumatera Utara Post Views: 391

Melakukan kegiatan fisik sangat penting untuk tumbuh kembang sang anak. Berlatih taekwondo merupakan salah satu kegiatan positif yang sangat baik untuk anak, karena terdapat manfaat yang akan diperoleh anak ketika berlatih bela diri salah satunya taekwondo. 

 

Begitu pula para anak asuh di asrama Rumah Yatim Setiabudi Sumatera Utara mereka mengisi waktu luang dengan kegiatan positif seperti berlatih taekwondo. 

 

Taekwondo adalah salah satu seni bela diri yang berasal dari Korea Selatan, olahraga ini juga telah mendunia dan sering diadakan pertandingan dalam berbagai kejuaraan skala internasional. Beladiri ini merupakan olahraga yang menggunakan tangan dan kaki sebagai senjata untuk pertahanan dan menaklukkan lawannya. 

 

Terdapat beberapa manfaat dari taekwondo untuk pertumbuhan dan perkembangan anak diantaranya ialah seperti berikut.

 

1. Percaya diri

Manfaat terbesar yang dirasakan oleh anak ialah lebih percaya diri karena program taekwondo memiliki penetapan tujuan motivasi positif dan penghormatan terhadap nilai-nilai yang baik.

 

Anak-anak juga bisa merasakan nyaman dalam berbagai situasi baik itu dalam bahaya ataupun sekedar melaksanakan tugas yang melewati zona nyamannya. 

 

2. Gaya hidup sehat

Anak-anak akan membakar lebih banyak kalori pada saat latihan, karena taekwondo ini bersifat aktivitas fisik secara total. Taekwondo juga menanamkan pola aktivitas fisik yang teratur bagi anak. Hal itu ialah sesuatu hal mendasar yang harus diterapkan untuk anak-anak di sepanjang hidup mereka, sehingga anak-anak akan selalu terbiasa melakukan gaya hidup sehat. 

 

3. Disiplin dan bisa mengendalikan diri

Anak-anak yang berlatih taekwondo diajarkan disiplin dan pengendalian diri salah satunya melalui gerakan tendangan yang susah dan memerlukan fokus dan juga latihan rutin.

 

Hal tersebut akan melatih anak menjadi lebih disiplin baik dalam aspek taktis, mental maupun fisik. Sehingga anak akan bisa mengendalikan diri dan berperilaku yang terkontrol. 

 

 4. Meningkatkan fokus

Melalui kegiatan seni bela diri anak-anak akan belajar untuk menjadi pribadi yang tenang tertantang serta lebih fokus. Seperti sang legendaris Bruce Lee dari Hongkong, di balik pukulan, tendangan dan lutut seorang atlet beladiri, dia belajar untuk mengenali dirinya sendiri dan juga melihat kelemahan yang ada pada dirinya sendiri. 

 

5. Baik untuk perkembangan fisik

Melalui olahraga seni bela diri otot dan tulang anak-anak akan berkembang serta menjadi lebih kuat. Semakin kuat fisik anak, maka semakin kecil juga kemungkinannya anak mengalami cedera fisik. Pada tahun 2006 penelitian di Selandia Baru menyatakan latihan fisik sebelum dan selama masa pubertas akan mempermudah anak dalam mencapai masa tulang, otot dan tulang berkembang menjadi lebih kuat, yang hal tersebut adalah fundamental bagi pertumbuhan masa depan anak. 

 

Oleh karena itu para anak asuh di Rumah Yatim Setiabudi melakukan latihan seni bela diri taekwondo secara rutin, karena banyak sekali manfaat yang akan didapat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

7 bulan yang lalu