Home / Rubrik / Berita

5 Tips Aman Mudik Libur Lebaran

gambar-headline
Bandung Post Views: 279

Ada tradisi yang sering dilakukan oleh orang Indonesia khususnya saat menjelang libur lebaran atau Hari Raya Idul Fitri yaitu Mudik atau Pulang Kampung. Hari libur yang panjang ini sering dimanfaatkan untuk menjalin silaturrahim dengan sanak saudara di kampung.

 

Akan tetapi dengan perjalanan yang jauh dan durasi yang lama seperti mudik, pastinya harus dipersiapkan dengan benar tidak sembarangan. Di bawah ini ada lima tips aman mudik libur lebaran yang bisa anda terapkan pada saat mudik nanti.

 

  1. Cek Keadaan Rumah Sebelum Mudik

 

Tips yang pertama merupakan hal dasar yang harus dilakukan ketika kita hendak berpergian jauh meninggalkan lama rumah kita. Bisa diperhatikan dengan mencabut atau menonaktifkan semua aliran listrik, regulator gas, aliran air dan pastikan kunci semua pintu dan jendela rumah serta pagar rumah. Agar lebih aman lagi hendaknya kita memberi tahu ke tetangga, ketua RT, petugas keamanan wilayah tempat tinggal sehingga mereka bisa membantu mengawasi rumah kita.

 

  1. Cek Kesehatan Tubuh Sebelum Mudik

 

Dengan kondisi tubuh yang sehat, kita dipastikan bisa melakukan perjalanan jauh atau mudik. Untuk tips yang kedua ialah mejaga tubuh anda agar selalu sehat sebelum mudik. kita bisa melakukan olahraga, minum vitamin, istirahat yang cukup, dan menjaga pola makan.

 

  1. Bawa Bekal Obat-obatan Darurat

 

Tips ini tidak kalah penting yaitu membawa perbekalan obat-obatan darurat, vitamin dan P3K di perjalanan mudik. Terlebih lagi ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit atau gangguan kesehatan. Oleh karena itu obat-obatan sangat penting dibawa pada saat perjalanan mudik.

 

  1. Cek Kesiapan Kendaraan yang Digunakan Mudik

 

Tips mudik aman yang berikutnya ialah kita hendaknya memeriksa terlebih dahulu kendaraan yang mau kita gunakan untuk mudik. Sebelum melakukan perjalanan mudik pastikan kendaraan sudah dengan keadaan baik. Lakukan pengecekan dari mesin, rem, ban, oli atau bisa dibawah ke bengkel untuk di service terlebih dahulu.

 

  1. Istirahat yang Cukup

 

Setelah tadi disebutkan mengenai kesehatan tubuh yang sehat memang sangat diperlukan apabila ingin berpergian jauh. dengan istirahat yang cukup maka tubuh kita juga akan lebih segar dan sehat. Supaya perjalanan mudik aman dan nyaman kita harus menjaga kesehatan tubuh kita salah satunya dengan istirahat yang cukup.

 

Itulah lima tips aman mudik lebaran yang bisa menjadi referensi untuk kita yang mau menjalankan mudik lebaran.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 tahun yang lalu