Home / Rubrik / Berita

Manfaat Kopi Dan Teh Untuk Tekan Gejala Dementia

gambar-headline
Indonesia Post Views: 66

Demensia adalah penyakit yang banyak di alami oleh lansia, dimana fungsi daya ingat menurun sehingga membatasi aktifitas sehari-hari, 

Namun, pada dasarnya demensia bukanlah suatu penyakit melainkan sekumpulan gejala yang memengaruhi fungsi otak dalam mengingat, berpikir, berbicara, hingga berperilaku. Tingkat keparahan demensia cukup beragam, mulai dari ringan hingga berat. Kondisi ini bersifat progresif yang artinya dapat berkembang menjadi semakin buruk dari waktu ke waktu.

Demensia adalah kondisi yang umumnya terjadi pada pria maupun wanita lansia, risikonya pun akan semakin tinggi pada usia 85 tahun. Namun, faktor genetik juga cukup berperan sebagai salah satu faktor risiko terjadinya demensia. (Siloam Hospital)

 

Jika mengacu kepada sebuah jurnal yang di lansir oleh Harvard Medical School, ada beberrapa cara untuk menurunkan resiko dementia, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi teh dan kopi, karena kandungan polyphenol yang ada didalam teh dan kopi , dimana zat tersebut dapat meredakan Infeksi kronis yang berkaitan dengan strooke dan dementia, hal ini dibuktikan oleh peneliti secara observational pada ratusan orang di Inggris.

Namun jika anda atau keluarga anda terlanjur mengalami dementia, maka yang harus anda lakukan adalah melakukan beberapa jenis terapi yang mengurangi gejalanya, seperti terapi perilaku, terapi kognitif, terapi okupasi serta minta arahan dokter spesialis untuk menggunakan terapi kimia melalui obat-obatan.

 


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

5 bulan yang lalu