Home / Rubrik / Berita

Puasa Ayyamul Bidh Beserta Jadwalnya di Bulan Agustus 2023

gambar-headline
Indonesia Post Views: 8557

Puasa ayyamul bidh merupakan puasa yang dilaksanakan setiap pertengahan bulan kamariah. Puasa ini ialah termasuk salah satu amalan yang disunahkan langsung oleh Rasulullah SAW.

 

Puasa ayyamul bidh adalah puasa sunah yang dilaksanakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan kamariah.

 

Puasa sunah tersebut juga disebut sebagai "puasa hari-hari putih". Hal itu disebabkan bulan purnama terjadi pada 13, 14 dan 15 sehingga malam terlihat begitu cerah.

 

Riwayat yang menjadi landasan dianjurkannya puasa ayyamul bidh tiap bulannya adalah wasiat Rasulullah kepada Abu Hurairah. Dikutip dari buku Inilah Alasan Rasulullah SAW Menganjurkan Puasa Sunah karya Syarbini dan Afgandi (2012), hadis itu berbunyi,

 

"Kekasihku (Rasulullah SAW) memberiku tiga wasiat yang tidak akan aku tinggalkan hingga mati, yaitu puasa tiga hari setiap bulan, shalat Duha, dan salat witir (sebelum tidur)." (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Hal yang sama juga dapat ditemukan dalam hadis yang dibawakan Ibnu 'Abbas RA. Ia berkata,

 

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berpuasa pada ayyamul bidh ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar." (HR. An Nasai no. 2345, dinilai hasan oleh Al-Albani).

 

Dalam riwayat lain, Nabi SAW mengatakan bahwa puasa tiga hari setiap bulan paling afdal jika dikerjakan pada tanggal 13, 14, dan 15.

 

"Wahai Abu Dzar, jika engkau mau puasa tiga hari dari satu bulan, maka berpuasalah pada hari 13, 14, dan 15." (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

 

Apabila kita melihat kalender Hijriyah Indonesia tahun 2023 M yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, awal Agustus 2023 bertepatan dengan pertengahan bulan Muharram 1445 H. 

 

Adapun waktu puasa ayyamul bidh di bulan Agustus 2023 mencakup satu hari di akhir Juli 2023 dan sisanya di awal Agustus 2023. Berikut jadwal puasa ayyamul bidh, 

 

13 Muharam 1445 H, Senin, 31 Juli 2023: Puasa sunah Ayyamul Bidh dan puasa sunah Senin. 

 

14 Muharam 1445 H, Selasa, 1 Agustus 2023: Puasa sunah Ayyamul Bidh

 

15 Muharam 1445 H, Rabu, 2 Agustus 2023: Puasa sunah Ayyamul Bidh

 

Puasa ayyamul bidh di bulan Muharam memiliki beberapa keutamaan yaitu seperti berpuasa setahun atau sepanjang tahun, pahala dilipatgandakan sepuluh kali dan memperoleh keutamaan puasa di bulan Muharram. 

 

Mari kita sebagai umat muslim melaksanakan puasa sunnah ayyumul bidh, tentunya kita bisa mendapatkan beberapa keutamaan apabila kita melaksanakannya dengan ikhlas.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

8 bulan yang lalu