Home / Rubrik / Berita

Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Bulan Muharram

gambar-headline
Indonesia Post Views: 1208

Bulan Muharram adalah bulan pertama di tahun baru Islam dalam kalender Hijriyah. Bulan Muharram juga merupakan bulan yang mulia yang penuh dengan keberkahan dan sebaiknya umat muslim menjalankan amalan-amalan kebaikan di bulan ini, karena dapat memperoleh ganjaran dengan pahala yang berlipat ganda. 

 

Bulan Muharram mempunyai beberapa hal yang harus dihindari dan jangan dilakukan oleh umat muslim karena kemuliaannya. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan atau dilarang pada bulan Muharram. 

 

1. Berperang

 

Bulan Muharram yaitu salah satu dari empat bulan suci dalam kalender Islam (Muharram, Rajab, Dzul-Qa’dah, dan Dzul-Hijjah). 

 

Di bulan Muharram, perang bersenjata atau pertempuran tidak boleh dilakukan bahkan sangat dilarang. Konflik bersenjata atau perang saudara tidak boleh terjadi selama bulan Muharram sebab bulan ini dihormati sebagai bulan perdamaian dan kesucian.

 

Oleh karena itu, sebaiknya sebagai umat Muslim sebisa mungkin untuk menghindari berbagai macam perselisihan dan konflik yang bisa menimbulkan kerugian satu sama lain.

 

2. Melakukan Tindakan Kekerasan dan Kejahatan

 

Di bulan Muharram umat muslim juga sangat dilarang melakukan perbuatan kejahatan dan kekerasan kepada sesama manusia. Hal tersebut meliputi tindakan seperti pemerkosaan, pencurian dan pembunuhan serta semua bentuk pelanggaran hukum dan tindakan negatif lainnya yang telah dilarang oleh agama Islam. 

 

Jika seseorang melakukan maksiat di bulan haram Khususnya ketika di tanah suci Mekkah dosanya akan menjadi berlipat ganda karena Allah SWT telah berfirman, 

 

وَمَنْ يُرِدْ فِيهِ بِإِلْحَادٍ بِظُلْمٍ نُذِقْهُ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ...

 

Artinya: "...dan siapa yang dimaksud di dalamnya melakukan kejahatan secara zalim, niscaya Kami akan rasakan kepadanya sebagian siksa yang pedih.: (QS Al-Hajj: 25)

 

Sebaliknya, jika seseorang mengerjakan amalan shaleh di bulan ini, maka akan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

 

3. Hura-hura dan Berpesta

 

Bulan Muharram ialah bulan kesedihan untuk umat Islam sebab adanya peristiwa di Karbala yang terjadi pada bulan ini oleh karena itu bersukaria pesta dan hura-hura dilarang selama bulan Muharram sebagai bentuk penghormatan terhadap peristiwa yang merupakan kesedihan bagi umat Islam. 

 

4. Membunuh Hewan untuk Tujuan Hiburan

 

Dalam ajaran Islam, membunuh hewan dengan tujuan untuk hiburan atau permainan tidaklah dibenarkan, termasuk di bulan Muharram ini hewan seharusnya diperlakukan dengan kasih sayang dan jangan disakiti tanpa alasan yang benar, terutama di bulan Muharram yang mulia dan suci ini.

 

5. Mengenakan Pakaian Baru di Hari Asyura

 

Hari Asyura tepat pada tanggal 10 Muharram merupakan hari yang sangat bersejarah untuk umat Muslim. Selama hari ini, dianjurkan untuk umat Muslim agar berpuasa, menunaikan shalat sunnah, berdoa dan melaksanakan amalan-amalan kebaikan. 

 

Larangan untuk tidak mengenakan pakaian baru di hari Asyura pada bulan Muharram ini, bertujuan agar menghindari kesan perayaan dan merusak suasana kesedihan serta penghormatan pada peristiwa di Karbala.

 

Itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan bahkan dilarang di bulan Muharram, bulan suci yang penuh berkah dan sebaiknya kita selalu melakukan amalan kebaikan di bulan suci ini, karena ganjaran yang diperoleh akan sangat besar dengan pahala yang berlipat ganda.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

2 bulan yang lalu