Home / Rubrik / Berita

Peran Ayah Dalam Mengasuh Anak Perempuan

gambar-headline
Bandung Post Views: 258

Oleh : Rizqi Astera Ayuningtias,.S.psi MM

 

Anak perempuan di hati seorang ayah mempuyai satu tingkat perbedaan dengan anak laki laki , karena banyak ke khawatiran yang dirasakan seorang ayah untuk anak perempuannya, salah satunya adalah jika ia sudah tak dapat lagi melindunginya siapa kah yang akan selalu hadir untuk memenuhi kebutuhannya, jika ia mendapat pasangan kelak apakah pasangan nya akan menyayangi nya , minimal seperti ayahnya dahulu. Namun kekhawatiran ini perlu kita minimalisir karena dengan ke terlibatan ayah dalam pengasuhan anak secara nyata akan menimbulkan dampak positif bagi anak perempuanya, Bagi anak perempuan, sosok ayah adalah pelindung terbaik untuknya. Sebenarnya hal ini tak hanya pada anak perempuan, anak laki pun sangat membutuhkan perlindungan ayahnya. Namun, bagi anak perempuan, sebagai laki-laki pertama di hidupnya, ayah menjadi figur yang sangat melekat pada hidupnya. Berikut hal hal positif yang akan terstimulasi pada anak jika Ayah mempunyai keterlibatan yang nyata dalam pengasuhan : 

  1. Meningkatkan Keberhargaan Diri Serta Percaya Diri
  2. Memaknai Kasih Sayang Dari Lawan Jenis Menjadi Lebih Positif, Karena Bagi Anak Kasih Sayang Terbaik Adalah Berasal dari Ayahnya
  3. Meningkatkan Kemampuan Sosial Karena Ayah Menjadi Teman Bermain dan Berdiskusi Yang Asyik
  4. Meningkatkan Prestasi Anak , Karena Kehadiran Ayah Membuat Anak Perempuannya Merasa Aman Saat Menghadapi Tantangan Baru.
  5. Meningkatkan Positif Body Image, Cara Ayah menyampaikan masukan mengenai representasi diri anak akan sangat meningkatkan persepsi positif anak terhadap penampilannya.

 

Luangkan sedikit waktu untuk si kecil disela kesibukan anda, terutama bagi para ayah. Karena sejatinya mengasuh anak membutuhkan keterlibatan langsung kedua orang tua agar anak dapat tumbuh secara optimal.


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

8 bulan yang lalu