Home / Rubrik / Berita

Dahsyatnya Sedekah Subuh dan Cara Mengamalkannya

gambar-headline
Indonesia Post Views: 9591

Tentunya bila mendengar kata sedekah kita sudah tidak asing lagi. Sedekah merupakan perbuatan mulia yang sebaiknya dilakukan.

 

Sedekah memiliki tujuan untuk membersihkan harta dan bisa melipatgandakan harta atau rezeki. Jika kita mengamalkan akan mendapat pahala dan apabila tidak mengerjakan tidak akan mendapat dosa. Sedekah juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

 

Namun pernahkah anda mendengar tentang sedekah subuh?

 

Sedekah subuh ialah waktu yang tepat untuk kita bersedekah, karena akan ada dua malaikat yang akan mendoakan kita. Waktu yang paling istimewa adalah di waktu subuh dibandingkan dari sekian banyak waktu untuk bersedekah.

 

Pastinya di setiap waktu kita boleh bersedekah, tidak ada yang melarangnya dan membatasinya. Akan tetapi sedekah subuh ini merupakan sedekah terbaik dan termasuk waktu yang paling utama untuk melakukan sedekah.

 

Keutamaan dari sedekah subuh ini sudah tertera dalam hadist berikut ini.

 

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa, “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Makna dari hadist tersebut yaitu, setiap subuh akan ada malaikat yang mendoakan kita supaya rezeki kita terus mengalir dan lancar. Tetapi malaikat yang satunya lagi mendoakan supaya kita miskin sebab kita enggan untuk mengeluarkan sedekah.

 

Lalu bagaimana cara untuk melakukan sedekah subuh, anda bisa lakukan cara seperti ini.

 

Apabila kita menjalankan solat subuh di masjid, kita bisa dengan istiqomah untuk mengisi kotak amal di masjid tersebut. Tidak dilihat dari seberapa banyak atau sedikit yang kita keluarkan untuk sedekah, tetapi di lihat dari keistiqomahannya. Karena itu yang terbaik di sisi Allah SWT.

 

Apabila kita melakukan sholat subuh di rumah, kita bisa menyisihkan uang kita untuk sedekah ke tempat sementara atau buatkan tempat sendiri dan beri nama untuk menyimpan uang sedekah subuh, lalu setelah terkumpul berapa pun bisa di sedekahkan kepada orang yang membutuhkan atau ke masjid.

 

Kita juga bisa niat dan sungguh-sungguh dalam meminta, Allah tentu akan mengqobulkan. Niatkan dengan khusyuk pada saat kita mau bersedekah, misal;

 

“Ya Allah.. dengan sedekah ini, aku ingin terbebas dari hutang dan di lancarkan rezeki ku.”

 

Sedekah pada waktu subuh tentu berbeda dengan waktu lainnya. Karena ketika kita sedang bersedekah agar memperoleh ridho Allah disaat sebagian orang masih terlelap tidur. Kemudian malaikat langsung menyampaikan doa kita langsung kepada Allah SWT.

 

Sedekah juga tidak hanya berupa uang, tetapi bisa juga dilakukan dengan berdzikir, berbagi makanan dan mengajar ngaji serta melakukan kebaikan kepada orang lain. 

 

Ayo mulai sekarang kita mulai untuk sedekah subuh. Meskipun tidak banyak tetapi tetap istiqomah dan semoga Allah SWT mengabulkan semua doa-doa kita semua.


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 tahun yang lalu