Home / Rubrik / Berita

Kandungan dan Manfaat yang Dimiliki Saffron

gambar-headline
Bandung Post Views: 178

Saffron dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan karena zat yang terkandung di dalamnya.Tumbuhan ini bisa dijadikan sebagai rempah, bumbu penyedap masakan, sampai alternatif untuk kesehatan, lho!

 

Rempah yang memiliki bentuk seperti benang halus yang tipis, berwarna merah dan lembaran kecil ini dinobatkan sebagai salah satu tumbuhan termahal di dunia.

Sebab cara penanaman hingga panen Saffron cukup rumit dan membutuhkan teknik khusus. Untuk mendapatkan 500 gram saffron, membutuhkan 75 ribu pucuk bunga.

Pengrajin akan mengambil stigma yang berbentuk helaian benang, kemudian mengeringkan kepala putik . 

Selain itu, bunga yang menjadi bahan untuk membuat saffron hanya tumbuh sekitar tiga sampai empat minggu di bulan Oktober dan November saja. Maka tak heran jika harga saffron di pasaran cukup mahal.

 

Berdasarkan data dari U.S Department of Agriculture,100 gram saffron memiliki kandungan gizi sebagai berikut.

Energi: 310 kilo kalori

Protein: 11,4 gr

Lemak: 5,85 gr

Serat: 3,9 gr

Kalsium: 111 mg

Zat besi: 11 mg

Fosfor: 252 mg

Kalium: 1724 mg

Vitamin C: 80 mg

 

Setelah mengetahui informasi mengenai Saffron, mari kita ketahui manfaat dari tumbuhan ini : 

 

1. Mencegah Gangguan Fungsi Otak

Seiring dengan berjalannya waktu, fungsi otak seseorang bisa menurun. Menurut studi mengenai penyakit Alzheimer, mengonsumsi 15 mg Saffron sebanyak 2 kali sehari dapat meningkatkan fungsi kognitif dengan cukup signifikan.

Saffron yang mengandung antioksidan dapat menjaga fungsi otak dan mengurangi resiko Alzheimer. Saffron juga membantu mempertahankan kemampuan penglihatan kamu.

 

2. Baik untuk Penderita Diabetes

Selain baik untuk otak, saffron juga cocok dikonsumsi penderita diabetes. Saffron dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Sehingga kadar gula bisa lebih terjaga. Anda bisa mengonsumsi saffron dalam bentuk kapsul ataupun menyeduh benang saffron.

 

3. Memperbaiki Mood dan Membantu Mengatasi Depresi

Kegiatan sehari-hari dapat membuat seseorang merasa lelah baik secara fisik maupun mental. Saffron dikatakan dapat memperbaiki suasana hati dan membantu mengatasi depresi ringan hingga sedang. Efek samping yang didapatkan pun cenderung minimal. Saffron juga memiliki efek antioksidan dan neuroproteksi atau perlindungan bagi saraf.

 

4. Mengandung Zat Anti-Kanker

Kandungan antioksidan tinggi bernama crocin dalam saffron bisa membantu menangkan radikal bebas penyebab timbulnya kanker dalam tubuh. Contohnya seperti kanker kulit, kanker serviks, kanker prostat, dan kanker lainnya.

Terdapat juga penelitian yang menyatakan bahwa saffron bisa membuat kanker lebih sensitif terhadap kemoterapi. Sehingga penyembuhan dari kanker bisa berjalan lebih efektif. Namun, korelasi antara keduanya masih perlu diteliti lebih lanjut.

 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Agar tubuh tetap sehat, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi saffron. Tumbuhan ini mengandung antioksidan bernama crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol. Crocin dan crocetin dalam saffron berperan sebagai anti-depresan, menjaga kesehatan sel otak, dan menurunkan nafsu makan untuk menurunkan berat badan. Safranal dapat meningkatkan suasana hati dan kemampuan berpikir seseorang. Kaempferol berguna sebagai zat anti-kanker yang menekan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

 

6. Mengurangi Nyeri Haid

Para wanita dapat mengurangi rasa nyeri saat PMS dan haid dengan mengonsumsi 30 mg saffron. Bahkan, nyeri haid bisa berkurang hanya dengan menghirup aroma saffron selama 20 menit. Saffron juga baik untuk mengatasi inflamasi dalam tubuh, lho!

 

Namun, meski saffron memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter ketika memiliki masalah kesehatan. Kamu juga harus mengonsumsi tumbuhan ini sesuai takaran yang dianjurkan yakni 30 mg saffron per hari.

Jika mengonsumsi berlebihan, maka akan menyebabkan keguguran bagi ibu hamil, selain itu akan menimbulkan reaksi alergi seperti mengantuk, mual atau muntah.

 

Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, saffron pun memiliki banyak manfaat bagi wajah. Penggunaan saffron untuk wajah, bisa dalam berbagai bentuk seperti krim, serum, masker, atau campuran alami untuk membersihkan, merawat, dan memperbaiki kulit wajah. 

 

Berikut manfaat saffron untuk wajah : 

 

1. Mengurangi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi terjadi saat bagian kulit menjadi lebih gelap dari kulit sekitarnya. Penyebabnya adalah kelebihan pigmen atau melanin karena jaringan parut, paparan sinar matahari, atau perubahan hormonal.

Senyawa aktif safron, seperti crocin, dapat menurunkan melanin. Senyawa tersebut bekerja dengan menekan tirosinase, yakni enzim yang penting untuk memproduksi melanin.

 

2. Mengobati jerawat

Safron kaya akan kandungan anti-inflamasi dan antibakteri. Kandungan tersebut dapat melawan kuman penyebab jerawat. Selain itu, safron dapat menenangkan dan mengurangi radang pada jerawat.

 

3. Melindungi dari radiasi UV

Radiasi ultraviolet (UV) meningkatkan produksi radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif. Akibatnya, sel-sel kulit rusak dan mempercepat penuaan dini.

Crocin dapat membantu kulit untuk melindungi radiasi UV. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan, yakni molekul yang dapat menetralkan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif.

Tidak hanya itu, crocin dapat mencegah penuaan dini yang diakibatkan sinar ultraviolet A (UVA).

 

4. Membuat kulit bercahaya secara alami

Dengan menggunakan safron secara rutin, kulit kusam akan menjadi cerah secara alami. Hal ini dikarenakan safron memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga dapat membersihkan kotoran dan polusi yang menempel pada kulit.

 

5. Melawan peradangan

Peradangan kulit yang disebabkan stres oksidatif menjadi akar dari banyak penyakit. Kandungan antioksidan safron dapat melawan peradangan dan stres oksidatif dengan menekan protein penyebab inflamasi.

 

6. Menyembuhkan bekas luka

Safron dapat meningkatkan pemulihan sel kulit yang luka. Kandungan anti-inflamasi safron dapat merangsang tingkat pemulihan luka sehingga kulit dapat sembuh lebih cepat.

 

7. Kelembapan dan Kehalusan Kulit

Saffron memiliki sifat pelembap alami yang membantu menjaga kelembapan kulit. Kandungan asam lemak esensial dalam saffron membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah kekeringan. Dengan rutin menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung saffron, Anda dapat menghidrasi kulit kering dan membuatnya terasa lebih lembut, lembap, dan halus.

 

 

Masya Allah ternyata banyak sekali manfaat yang didapat jika kita mengonsumsi dan menggunakan saffron. Mari kita mencoba memanfaatkan jenis tanaman ini, agar kita bisa merasakan manfaatnya.


Author

img-author

Sinta Guslia

7 bulan yang lalu