Home / Rubrik / Berita

Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan, Salah Satunya Diangkat Derajat oleh Allah SWT

gambar-headline
Bandung Post Views: 446

Bulan suci Ramadhan ialah bulan yang sangat istimewa untuk seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dilimpahi begitu banyak keberkahan.

 

Umat Muslim sebaiknya berlomba-lomba melakukan kebaikan di bulan Rumadhan karena melakukan kebaikan di bulan ini pahala yang didapat akan dilipatgandakan, salah satu caranya ialah dengan memperbanyak bacaan Al-Qur’an. 

 

Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan mampu mendatangkan begitu banyak keberkahan dari Allah SWT.

 

Ada beberapa keutamaan yang dapat diperoleh untuk siapa saja yang rutin membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan. Berikut ini ialah beberapa keutamaannya. 

 

  1.   Diangkat Derajat oleh Allah SWT  

Dengan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan bisa menjadikan seseorang diangkat derajatnya oleh Allah SWT. 

 

Terlebih lagi apabila orang tersebut ikut mengamalkan ayat-ayat yang ada di Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, seseorang yang memanfaatkan waktu luang mereka untuk mengerjakan sesuatu hal yang bermanfaat untuk kehidupan mereka. 

 

  1.   Memperoleh Pahala Berlipat Ganda 

Selain diangkat derajat oleh Allah SWT, keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan tidak lain juga bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

 

Dengan membaca satu huruf dalam Al-Qur’an nantinya akan memperoleh satu kebaikan. Oleh karena itu, benar adanya bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia.

 

  1.   Mendapat Ketenangan 

Keutamaan baca Al-Qur’an di bulan ramadhan yang ketiga ialah akan mendapat ketenangan. Pastinya hal ini tidak terlepas jauh dari manfaat Al-Qur’an untuk kehidupan semua makhluk di muka bumi.

 

Al-Qur’an mampu dijadikan sebagai obat dari berbagai macam penyakit kejiwaan.

 

Hal ini menjadikan seseorang yang sering membaca Al-Qur’an bisa mendapatkan ketenangan hati yang hakiki. Ketika hati merasa tenang tentu dalam melakukan segala hal akan terasa mudah dan nyaman. 

 

  1.   Dipermudah untuk Menghadap Allah SWT di Hari Kiamat  

Hal berikutnya yang menjadi keutamaan dari membaca Al-Qur’an terutama pada bulan Ramadhan adalah bisa dipermudah untuk menghadap Allah SWT kelak nanti di hari kiamat.

 

Siapapun yang membaca Al-Qur’an dengan tartil bisa mendapatkan pertolongan di hari kiamat nanti. 

 

Rasulullah SAW akan memberikan syafaat untuk hamba-Nya yang memperbanyak bacaan kitab suci Al-Qur’an khususnya di bulan Ramadhan. Sebaiknya kita melakukan amalan yang baik supaya dipermudah dalam menghadap Allah SWT di hari kiamat nanti.

 

  1.   Ditempatkan di Tempat yang Terbaik  

Dengan kita rutin membaca kitab suci Al-Qur'an pada bulan suci Ramadhan akan membuat pembaca dapat ditempatkan di tempat yang terbaik.

 

Terlebih lagi apabila seseorang tersebut tidak hanya sekedar membaca Al-Qur’an saja, namun dengan menghafalkan dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. 

 

Hal tersebut pasti akan memberikan dampak baik yang luar biasa untuk pembacanya. Para pembaca Al-Qur’an akan ditempatkan di tempat terbaik bersama dengan para Malaikat pencatat yang selalu patuh kepada Allah SWT untuk berbuat kebaikan.

 

Itulah beberapa keutamaan membaca Al-Qur'an di bulan suci Ramadhan yang bisa kita lakukan rutin, tidak hanya di bulan Ramadhan saja sebaiknya dilakukan di bulan yang lainnya juga.


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 tahun yang lalu