Home / Rubrik / Berita

Kombucha Minuman Yang Kaya Manfaat

gambar-headline
Indonesia Post Views: 179

Kombucha merupakan minuman teh fermentasi yang mengandung banyak antioksidan dan probiotik. Teh Kombucha ini sangat populer di berbagai negara sebab manfaatnya yang sangat banyak, mulai untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan sampai bisa menurunkan risiko terkenanya penyakit jantung. 

 

Teh kombucha telah diminum selama hampir 2000 tahun di Tiongkok, teh Kombucha ini dihasilkan melalui fermentasi teh, ragi dan gula selama seminggu atau lebih.

 

Selama fermentasi tersebut nantinya terbentuk zat asam, bakteri dan alkohol, itulah yang menjadikan teh kombucha mempunyai cita rasa yang tajam, asam dan beraroma seperti cuka. 

 

Berikut ini beberapa manfaat dari Teh Kombucha yang baik untuk kesehatan tubuh. 

 

Teh kombucha disebut juga dengan teh jamur memiliki kandungan vitamin B, sedikit alkohol, antioksidan, gula, natrium dan probiotik.

 

1. Mencegah kanker

Teh kombucha dikatakan bisa mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Hal itu bisa saja terjadi karena kandungan antioksidan polifenol yang terkandung di teh kombucha. Akan tetapi efek anti kanker dari teh kombucha sebagai pencegahan penyakit kanker selama ini masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

 

2. Baik untuk kesehatan pencernaan

Kandungan antioksidan dan probiotik yang terdapat di minuman teh kombucha mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh, mampu mengurangi peradangan, memerangi bakteri jahat yang menjadi penyebab infeksi, dan bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

 

Dilakukan studi penelitian pada binatang juga memperlihatkan bahwa kombucha yang kaya antioksidan dan probiotik bermanfaat guna membantu proses pembuangan zat beracun di organ hati. Efek tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan hati.

 

3. Turunkan risiko terkena penyakit jantung dan ginjal

Studi penelitian kecil kepada binatang percobaan di laboratorium menunjukkan bahwa kombucha dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Karena dari kandungan antioksidannya yang tinggi juga menghasilkan efek kombucha ini bagus untuk kesehatan jantung dan ginjal.

 

4. Turunkan kadar gula darah

Berdasarkan studi penelitian yang dilaksanakan kepada binatang percobaan, diketahui bahwa kombucha bisa membuat lambat pencernaan karbohidrat dalam tubuh. Efek kombucha tersebut dikatakan mampu mengurangi kadar gula darah, sehingga kombucha ini dipercaya baik bagi orang yang memiliki penyakit diabetes.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapat apabila kita mengkonsumsi kombucha. Jagalah kesehatan tubuh kita dengan baik, karena kesehatan merupakan rezeki terbesar dan anugerah terindah yang Allah SWT berikan kepada kita. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

8 bulan yang lalu